Arif Budi Setyanto
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. (Instagram/nandoariiiss)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka-bukaan terkait alasan Ernando Ari mengamil jatah penendang penalti keenam saat melawan Vietnam, Sabtu (26/8/2023).

Timnas Indonesia U-23 melakoni final sengit melawan Vietnam di Piala AFF U-23 2023. Pasalnya dalam pertandingan ini skor imbang 0-0 terjadi di waktu normal.

Performa Ernando Ari patut diacungi jempol karena sempat menyelematkan timnas Indonesia U-23 dari kebobolan dari titik penalti. Kiper Persebaya Surabaya itu pun tampil apik.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Sama Kuat, Duel PSS Sleman vs Persebaya Surabaya Berakhir Imbang 0-0

Nah, pertandingan juga masih imbang meski sudah perpanjangan waktu. Tidak ada gol yang tercipta hingga menit 120, sehingga pemenang laga ditentukan dari adu penalti.

Dalam adu tos-tosan ini, timnas Indonesia U-23 kalah dramatis dengan skor 6-5. Ernando Ari awalnya mampu membaca beberapa tendangan pemain Vietnam, tapi masih belum bisa menepis.

Kiper Persebaya Surabaya itu secara mengejutkan jadi penendang keenam bagi timnas Indonesia U-23. Namun sayang tendangannya bisa ditepis kiper Vietnam.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: PSS Sleman vs Persebaya Surabaya, Persib Bandung vs RANS Nusantara FC

Penendang terakhir Vietnam kemudian mampu menceploskan bola. Alhasil Golden Star Warriors junior menjadi juara Piala AFF U-23 2023.

Terkait Ernando yang jadi penendang penalti keenam bagi timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara. Ia mengaku kiper berusia 21 tahun ini sudah berlatih di sesi latihan, tapi di laga asli memang berbeda.

"Kiper (Ernando) berlatih tendangan penalti dalam latihan, tapi dalam pertandingan sebenarnya ceritanya berbeda," ucap Shin tae-yong dikutip dari The Thao247.

Baca Juga:
Rekap Hasil BRI Liga 1: Borneo FC Gilas Persita Tangerang, Persija Jakarta Dipecundangi Dewa United

"Dia selalu mengambil penalti selama latihan, dan melakukannya dengan baik. Jadi itu alasan saya memilih dia. Ernando adalah pemain yang penuh percaya diri, dan dalam pertandingan hari ini dia memiliki penampilan luar biasa," tegasnya.

Adapun timnas Indonesia U-23 tidak boleh larut dalam kesedihan. Pasalnya sebentar lagi Garuda Muda bakal berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 September mendatang.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Berlangsung Sengit, Duel Persik Kediri vs PSIS Semarang Berakhir Imbang

Load More