Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Dok PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan dramatis lawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023, Sabtu (26/8/2023). Skuad Garuda tumbang lewat adu penalti.

Final Piala AFF U-23 2023 berlangsung sengit. Baik timnas Indonesia U-23 dan Vietnam saling bergantian menyerang untuk menciptakan gol.

Golden Star Warriors junior sejatinya punya peluang besar untuk cetak gol dari titik putih. Beruntung Ernando Ari berhasil menepisnya.

Baca Juga:
Dibantu Frank Wormuth, Bima Sakti akan Cari Pemain Diaspora di Eropa untuk Timnas Indonesia U-17

Timnas Indonesia U-23 juga punya beberapa peluang. Sayangnya Ramadhan Sananta dkk masih belum bisa memanfaatkannya menjadi gol.

Skor berakhir imbang di waktu normal hingga babak tambahan waktu. Sehingga pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, timnas Indoneisa mengalami kekalahan. Sebab, tendangan terakhir Ernando Ari mampu ditepis kiper Vietnam.

Baca Juga:
Welber Jardim Absen saat Timnas Indonesia U-17 Hadapi Korea Selatan, Bima Sakti Ungkap Alasannya

Usai kekalahan ini, Shin Tae-yong memberikan selamat kepada Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengapresiasi pemainnya.

"Selamat kepada Vietnam telah memenangkan pertandingan ini. Saya juga mengapresiasi semua pemain kami dan reaksinya dalam pertandingan," ujar Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, pelatih berusia 53 tahun ini mengaku kecewa dengan keputusan wasit. Sebab, pengadil pertandingan dinilai kontroversial.

Baca Juga:
Tinggalkan Belanda, Pemain Diaspora yang Dicoret dari Seleksi Timnas Indonesia U-17 Pilih Pulang Kampung

Misalnya saja penalti yang diberikan ke Vietnam berbau kontroversi karena Dewangga tidak melakukan kontak keras. Timnas Indonesia U-23 juga merasakan kerugian.

Sementara itu, timnas Indonesia U-23 akhirnya menjadi runner up. Vietnam sendiri mampu mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23 usai menumbangkan Garuda Muda.

Baca Juga:
PSSI Bocorkan Lokasi Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan, Bukan di JIS

Load More