Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye (Instagram/thomhaye)

Bolatimes.com - Pemain keturunan asal Belanda, Thom Haye mengundang perhatian setelah mengaku tertarik membela Timnas Indonesia belum lama ini.

Hal itu itu ungkapkan oleh Thom Haye setelah dirinya menyadari pintu baginya untuk membela Timnas Belanda tertutup.

Dalam wawancaranya bersama media Belanda, Voetbalzone, pemain berusia 28 tahun ini merasa tak memiliki kesempatan membela De Oranje.

Baca Juga:
Sedih, Pemain Thailand Berkaca-kaca usai Kalah dari Timnas Indonesia U-23

Ini tak lepas dari banyaknya stok gelandang di Timnas Belanda, terlebih usianya saat ini diyakini sulit membuatnya bersaing dengan para pemain yang lebih muda.

“Saya belum menentukan pilihan itu (soal karier internasional). Dengan realitas yang ada, bisa dikatakan saya tak akan pernah bermain bagi (Timnas) Belanda,” ucap Thom Haye dikutip dari Voetbalzone.

Menyadari pintunya membela Timnas Belanda tertutup, gelandang yang kini membela SC Heerenveen itu membuka opsi membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023

“Saya dengar ada kemungkinan bermain untuk (Timnas) Indonesia, tapi itu belum terwujud,” lanjut mantan jebolan akademi AZ Alkmaar tersebut.

Dengan hasratnya tersebut, Timnas Indonesia pun akan memiliki tambahan kekuatan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2023 mendatang.

Karena wawancaranya itu pula, Thom Haye pun menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Baca Juga:
Analisis 3 Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand di Semifinal Piala AFF U-23 2023

Berikut Bolatimes.com sajikan tiga fakta menarik Thom Haye

1. Berdarah Sulawesi dan Jawa

Banyak yang mengetahui Thom Haye adalah pemain keturunan. Tapi tak banyak yang tahu dari mana darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya.

Baca Juga:
Momen Robi Darwis Kerasukan Lemparan Mematikan Pratama Arhan saat Bungkam Thailand

Dirangkum dari berbagai sumber, Thom Haye diketahui memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang merupakan Warga Negara Indonesia.

Diketahui, kakek dari Thom Haye berasal dari Sulawesi Utara. Sedangkan sang nenek sendiri berasal dari Jawa, tepatnya dari Solo.

2. Pernah Juara Eropa Bareng Belanda

Meski tidak pernah membela Timnas senior Belanda, Thom Haye diketahui pernah membela De Oranje muda atau level kelompok umur.

Tercatat, ia pernah bermain bagi Timnas Belanda dari level U-15 hingga level U-21. Hebatnya, Thom Haye pernah membela timnya menjadi juara Eropa.

Thom Haye pernah membawa Timnas Belanda U-17 menjuarai Euro atau Piala Eropa U-17 pada 2012 bersama pemain keturunan Indonesia lainnya, Sandy Walsh.

3. Pernah Bawa Lecce Promosi ke Serie A

Thom Haye punya kiprah mentereng di klub selama bermain. Pencapaian terbaiknya tentu saat membawa Lecce promosi dari Serie B ke Serie A Italia pada musim 2018/2019.

Saat itu, Thom Haye datang ke Lecce dengan status bebas transfer. Ia tercatat tampil 15 kali bagi tim Italia tersebut di Serie B dan mampu membawa timnya promosi ke kasta teratas sebagai Runner Up.

Sedangkan catatan terbaik dalam karier Thom Haye terjadi pada musim 2021/2022 lalu kala dirinya membela NAC Breda di Eerste Divisie atau kasta kedua Belanda, dengan mencetak 5 gol dan 7 assist.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More