Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-23 Robi Darwis saat duel lawan Thailand di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Kesuksesan Timnas Indonesia U-23 menggilas Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023, tak lepas dari kontribusi lima pemain yang tampil ciamik.

Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket final Piala AFF U-23 2023 berada di tangan usai mengalahkan tuan rumah, Thailand dengan skor 3-1.

Hasil ini cukup mengejutkan mengingat Timnas Indonesia U-23 tidak dalam posisi diunggulkan seperti Thailand yang tampil superior di fase grup.

Baca Juga:
Salut, Timnas Indonesia U-23 dan Thailand Saling Respek usai Duel Panas di Semifinal Piala AFF U-23 2023

Anak asuh Shin Tae-yong pun melaju ke semifinal juga berkat bantuan sederet tim lain, termasuk Thailand yang membekuk Kamboja.

Begitulah sepak bola bermain selain karena faktor keberuntungan, sejumlah pemain Timnas Indonesia U-23 tampil apik lawan Thailand.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut di antaranya.

Baca Juga:
Bantu Timnas Indonesia U-23 Bungkam Thailand, Muhammad Ferarri Merendah

1. Jeam Kelly Sroyer

Dipercaya mengisi posisi penyerangan menemani Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer tampil menggila di menit-menit awal pertandingan.

Keputusan yang keliru pemain bertahan Thailand yang cenderung lebih fokus mengepung Ramadhan Sananta dan membiarkan Jeam Kelly Sroyer leluasa mengobrak-abrik lini bertahan mereka.

Baca Juga:
Menang di Kandang Thailand, Shin Tae-yong Ungkap Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23

Hal itu dibuktikan lewat torehan satu gol pembuka, sepakan keras jarak jauh Kelly Sroyer menggetarkan jala gawang Thailand.

2. Muhammad Ferarri

Tangguhnya lini bertahan Timnas Indonesia U-23 tak lepas dari performa ciamik Mohammad Ferrari, pemain andalan Persija Jakarta.

Baca Juga:
Usai Kalah Menyakitkan, Pelatih Thailand U-23 Beri Selamat ke Timnas Indonesia U-23

Satu golnya ke gawang Thailand membuktikan kualitas Ferrari tak hanya sebagai pemain bertahan tetapi juga memili insting mencetak gol.

Selebihnya ia sukses menghalau banyak serangan dari pemain Thailand meski sempat kecolongan satu gol lewat tandukan Chukid.

3. Haykal Alhafiz

Indonesia tak berhenti memproduksi talenta terbaik dalam negeri, Haykal Alfahiz salah satu pemain pilihan Shin Tae-yong yang tampil ciamik.

Kemampuannya dalam mengirim umpan sangat terlihat, bahkan salah satu di antaranya berujung gol bunuh diri pemain Thailand.

Aksinya itu sekaligus menjadi killing the game bagi Timnas Indonesia U-23 terhadap tim tuan rumah di depan pendukung mereka.

4. Ernando Ari

Bicara pemain terbaik tak melulu soal mencetak gol, Ernando Ari berperan penting dalam penyelamatan gawang Timnas Indonesia U-23.

Meski sempat terbobol sekali namun secara keseluruhan penampilan kiper Persebaya Surabaya ini patut diacungi jempol.

Sederet peluang berbahaya Thailand pun mentah di tangannya, Nando tengah menjadi momok menakutkan bagi lawan-lawan Timnas Indonesia.

5. Robi Darwis

Bukan pilihan untuk starter, Robi Darwis sejatinya masuk menggantikan Bagas Kaffa yang cedera ketika melakukan pemanasan.

Meski begitu masuknya Robi menjadi suatu keberkahan tersendiri, pasalnya ia memegang peran kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23.

Issara Sritaro pun sampai tak menyangka kemampuan set piece lemparan ke dalam Robi Darwis akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pertanding.

Hal itu berujung gol kedua yang tercipta lewat tandukan Mohammad Ferrari usai menerima umpan lemparan ke dalam Robi.

Kontributor: Eko
Load More