Irwan Febri Rialdi
Arema FC perkenalkan Fernando Valente sebagai pelatih baru. (Dok. Arema FC)

Bolatimes.com - Arema FC resmi memperkenalkan pelatih baru mereka, Fernando Valente, untuk memimpin skuad Singo Edan di Liga 1 2023/24.

Sempat dikaitkan dengan Divaldo Alves, Milomir Seslija, hingga Milan Petrovic, Arema FC kini justru menjatuhkan pilihan mereka kepada Fernando Valente.

Arema FC sendiri sudah berganti dua pelatih lantaran hasil buruk di Liga 1 2023/24, yaitu I Putu Gede dan Joko Susilo. Valente punya pekerjaan berat karena Arema FC belum meraih kemenangan dan terpuruk di dasar klasemen.

Bagi Fernando Valente sendiri, ini menjadi pengalaman pertama pria berusia 64 tahun itu melatih di Indonesia. Bahkan, dalam perjalanan kariernya sebagai pelatih, ia belum pernah melatih klub di luar Eropa.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Fernando Valente?

Profil Fernando Valente

Sosok dengan nama lengkap Jose Fernando Martins Valente ini lahir di Porto, Portugal, pada 22 Juli 1959. Saat ini ia memegang Lisensi UEFA Pro.

Fakta menariknya, Fernando Valente adalah ayah dari pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente. Maka dengan begini, keduanya akan menjadi rival di dalam lapangan.

Disitat data dari Transfermarkt, Fernando Valente belum pernah mempersembahkan gelar juara sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Namun, ia punya pengalaman beragam melatih tim-tim di Eropa. Karier kepelatihannya tercatat dimulai pada 1992 dengan menangani Freamunde.

Dalam 10 tahun terakhir, Fernando Valente pernah menjadi pelatih Espinho. Lalu menjadi pelatih klub Liga 2 Portugal, Desportivo Aves, pada 2013-2014.

Dari sana, Fernando sempat melatih Santa Clara, SD Taishan U-19, Varzim, hingga sempat melatih Shakhtar Donetsk U-19. Fernando juga sempat melatih Estoril U-23 dari Juli 2022  hingga Oktober 2022.

Setelah menganggur hampir satu tahun, Fernando Valente kemudian berlabuh ke Arema FC. Namun, Fernando belum mendampingi Arema FC.

Pertandingan pekan ke-10 melawan Persikabo 1973 besar kemungkinan bakal menjadi debut Fernando Valente sebagai pelatih Arema FC.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More