Irwan Febri Rialdi
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye (Instagram/thomhaye)

Bolatimes.com - Gelandang keturunan Indonesia-Belanda, Thom Haye, sudah menyatakan keinginannya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Yang banyak dipertanyakan publik, seberapa hebat Thom Haye?

Sebelumnya, Thom Haye menyampaikan peluangnya memperkuat Timnas Indonesia setelah mengakui bahwa kesempatannya untuk bisa memperkuat Timnas Belanda sudah semakin tertutup.

Bagi Thom Haye, bersikap realistis itu penting. Sebab, dia melihat ketatnya persaingan yang harus dihadapi untuk bisa menembus Timnas Belanda. Menurutnya, hal inilah yang membuatnya harus mencari peluang lainnya.

"Saya belum (menentukan), harus membuat pilihan itu. Dengan sedikit realistis, bisa dipastikan saya tidak akan pernah bermain untuk Belanda," ungkap Thom Haye kepada media Belanda, Voetbalzone, dikutip Kamis (24/8/2023).

Thom Haye mengatakan, dia juga menyadari soal peluangnya memperkuat Timnas Indonesia. Namun, dia masih harus mempertimbangkan apakah ini adalah keputusan yang baik untuk kariernya di masa depan.

"Saya pernah mendengar bahwa di sana ada kemungkinan bermain untuk (Timnas) Indonesia, tapi itu belum terwujud." jelas Thom Haye.

"Kedengarannya seperti sesuatu yang sangat bagus. Tapi, saya tidak akan memikirkannya sampai hal itu menjadi lebih konkret. Saya harus melihat apakah itu cocok untuk saya," imbuhnya.

Mengukur Kualitas dan Rekam Jejak Thom Haye

Apabila melihat rekam jejak pemain bernama lengkap Thom Jan Marinus Haye ini, kualitasnya sebetulnya tak perlu diragukan. Sebab, dia punya pengalaman yang cukup mentereng saat masih berusia muda.

Sejak tahun 2009, Thom Haye sudah menjadi bagian dari skuad Timnas Belanda U-15. Perjalanan ini kemudian berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Dia kembali dipanggil untuk memperkuat U-15, U-16, U-17, U-19, U-20, hingga level U-21.

Memang, Thom Haye belum bisa mendapatkan kesempatan bermain bersama Timnas Belanda di level senior. Namun, dia punya catatan yang patut diperhitungkan karena pernah meraih gelar juara Euro U-17 2012 bersama Timnas Belanda U-17.

Tak hanya itu saja, dia juga punya pengalaman berkompetisi di level kasta tertinggi Liga Belanda atau yang biasa dikenal sebagai Eredivisie. Kiprah ini awalnya diukir bersama AZ Alkmaar pada 2012-2016.

Setelah itu, dia pernah memperkuat klub kasta tertinggi lainnya, mulai dari ADO Den Haag (2019-2020) hingga Heerenveen (2022 sampai sekarang).

Sejauh ini, dia sudah mencatatkan lebih dari 177 pertandingan di ajang Eredivisie bersama sejumlah klub tersebut. Ini menandakan bahwa jam terbang Thom Haye di level tertinggi cukup mengesankan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More