Rauhanda Riyantama
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye (Instagram/thomhaye)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Thom Haye belum lama ini mengungkapkan hasratnya untuk bermain bagi Timnas Indonesia usai menyadari tipisnya peluang untuk bermain bagi Belanda.

Hasratnya tersebut diungkapkan pemain berusia 28 tahun tersebut dalam wawancaranya bersama salah satu media Belanda, Voetbalzone.

Thom Haye sendiri mengakui dirinya sudah mengesampingkan kemungkinan membela Belanda di kancah internasional dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putra Indonesia vs India di Kejuaraan Voli Asia 2023

“Saya belum menentukan pilihan itu (soal karier internasional). Dengan realitas yang ada, bisa dikatakan saya tak akan pernah bermain bagi (Timnas) Belanda,” ucap Thom Haye.

Lebih lanjut gelandang milik SC Heerenveen itu mengaku sempat mendengar kabar dirinya berkemungkinan membela Timnas Indonesia.

Tapi sayangnya, Thomas Haye mengaku dirinya belum mendapat pendekatan, sehingga kemungkinan itu belum terwujud hingga saat ini.

Baca Juga:
4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Diprediksi Bobol Gawang Thailand di Semifinal Piala AFF U-23

“Saya dengar ada kemungkinan bermain untuk (Timnas) Indonesia, tapi itu belum terwujud,” lanjut mantan pemain AZ Alkmaar dan Lecce itu.

Sebagai informasi, Thom Haye sedari muda sudah membela Belanda. Ia tercatat pernah bermain bagi tim kelompok umur sejak level U-15 hingga level U-21.

Nahas saat menginjak kancah profesional, Thom Haye belum pernah dipanggil ke Timnas Belanda, meski dirinya bermain di level teratas sejak debutnya bagi AZ Alkmaar.

Baca Juga:
CEK FAKTA: AFF Hapus 2 Gol Malaysia ke Indonesia Akibat Pakai Striker yang Tak Terdaftar di Piala AFF

Dengan usianya yang kian menua dan persaingan ketat di lini tengah Belanda, Thom Haye pun mulai membuka opsi membela Timnas Indonesia.

Kemungkinan ini pun menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia yang membutuhkan suntikan kekuatan jelang berpartisipasi di dua event bergengsi.

Diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi dua event bergengsi dalam waktu dekat, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Link Live Streaming Drawing Piala AFC 2023/2024, Ada Bali United dan PSM Makassar

Sebagai informasi tambahan, Thom Haye sendiri adalah pemain keturunan Indonesia yang banyak menghabiskan kariernya di Liga Belanda.

Darah Indonesia di tubuh pemain bernama lengkap Thom Jan Marinus Haye itu berasal dari sang kakek yang diketahui berasal dari Sulawesi Utara.

Dalam karier sepak bolanya, Thom Haye pernah bermain bagi AZ Alkmaar, Willem II, Lecce, ADO Den Haag, NAC Breda, dan kini bermain bagi SC Heerenveen.

Penampilannya sebagai gelandang pun cukup mumpuni. Di SC Heerenveen saja, Thom Haye menjadi andalan dengan total 59 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 9 assist.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More