Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Perjalanan Timnas Indonesia U-23 masih berlanjut di Piala AFF U-23 2023 usai dipastikan lolos ke babak semifinal.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 dengan status runner up terbaik. Hasil ini didapat setelah Malaysia dan Vietnam petik kemenangan.

Malaysia yang menghadapi Timor Leste pada laga pamungkas Grup B sukses meraih kemenangan dengan skor 3-1. Dengan demikian, Harimau Malaya finis sebagai juara grup.

Sementara di laga lainnya, Vietnam sukses mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di laga pamungkas Grup C. Vietnam pun lolos dengan status juara grup.

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal dengan status runner up terbaik Piala AFF U-23 2023. Skuat Garuda Muda mengungguli Filipina dan Kamboja.

Di babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Thailand. Lantas, apa saja alasan Timnas Indonesia U-23 bisa juara Piala AFF U-23 2023.

1. Efek Medali Emas

Efek Medali Emas Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2023 juga diyakini akan memberikan tambahan motivasi tersendiri bagi para pemain.

Pasalnya, hal ini membuktikan bahwa kekuatan Timnas Indonesia U-23 masih bisa bersaing dengan negara-negara elite seperti Thailand dan Vietnam.

Bukan tidak mungkin, para pemain akan mendapatkan motivasi dan kepercayaan diri yang lebih untuk bisa mengulangi prestasi pada edisi 2019.

2. Belajar dari Fase Grup yang Berantakan

Shin Tae-yong tentu tidak akan tinggal diam setelah penampilan Timnas Indonesia U-23 yang berantakan di fase grup.

Evaluasi besar-besaran tentu bakal dilakukan oleh Shin Tae-yong dan jajarannya demi memperbaiki permainan Ramadhan Sananta dan kolega.

3. Thailand dan Vietnam Bisa Diatasi

Thailand tampil tidak begitu impresif di fase Grup A Piala AFF U-23 2023. Dengan performa yang tak apik dan tekanan untuk menjadi juara, Gajah Perang berpotensi tak tampil maksimal melawan Timnas Indonesia U-23. 

Selain itu, Vietnam dan Thailand sama-sama berhasil dikalahkan oleh Timnas Indonesia U-23 pada pertemuan terakhir di SEA Games 2023 kemarin.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More