Irwan Febri Rialdi
Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, dan ilham Rio Fahmi saat di SEA Games 2023 (Persija.id)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain yang berstatus jebolan SEA Games 2023 akan kembali berjumpa saat Timnas Indonesia U-23 dan Thailand U-23 berjumpa di fase semifinal Piala AFF U-23 2023.

Pelatih dari kedua kubu, baik itu Shin Tae-yong sebagai nakhoda Timnas Indonesia U-23 dan Issara Sritaro yang mengasuh Timnas Indonesia U-23, sama-sama menggunakan pemain jebolan SEA Games 2023 di Piala AFF U-23 2023.

Sebagai informasi, Timnas Thailand U-23 memang tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya pada Piala AFF U-23 2023 ini. Dari total 23 nama pemain yang dibawa Issara Sritaro, hanya ada empat nama yang sebelumnya diturunkan di SEA Games 2023.

Hal ini karena ada banyak klub yang menolak melepas pemainnya ke Timnas Thailand U-23. Penyebabnya, Piala AFF U-23 2023 bukanlah ajang FIFA Matchday dan Liga Thailand masih berlangsung.

Situasi ini memang tak mengundang kontroversi bagi Federasi Sepak Bola Thailand (FAT). Mereka juga menilai bahwa kondisi ini bisa menciptakan dampak positif.

Sebab, ada banyak pemain baru yang mendapatkan kesempatan mengikuti kejuaraan internasional. Mereka bisa panen pengalaman baru karena mendapat jam terbang di Piala AFF U-23 2023.

Situasi ini jelas berbeda dengan Timnas Indonesia U-23. Sebab, setidaknya ada sembilan nama pemain di kubu skuad Garuda Muda yang berstatus sebagai jebolan SEA Games 2023.

Sebetulnya, masih ada dua nama lainnya, yakni Komang Teguh dan Titan Agung. Namun, keduanya harus dipulangkan tim pelatih karena masih mendapatkan larangan bermain dari AFC buntut kericuhan di final SEA Games 2023.

Perbedaan mencolok antara kedua kubu ini juga tersaji di level federasi. Sebab, PSSI sangat mengecam klub-klub yang menolak melepas pemainnya di Piala AFF U-23 2023.

Dua pelatih yang mendapat ultimatum ialah Thomas Doll (Persija Jakarta) yang enggan melepas Rizky Ridho, serta Bernardo Tavares (PSM Makassar) yang tak mau melepas Dzaky Asraf.

Pemain Thailand Jebolan SEA Games 2023

1. Songchai Thongcham

2. Apisit Saenseekhammuan

3. Thirawooth Sraunson

4. Yotsakon Burapha

Pemain Indonesia Jebolan SEA Games 2023

1. Ernando Ari

2. Alfeandra Dewangga

3. Muhammad Ferarri

4. Haykal Al-Hafiz

5. Bagas Kaffa

6. Beckham Putra Nugraha

7. Irfan Jauhari

8. Jeam Kelly Sroyer

9. Ramadhan Sananta

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More