Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Syarat Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 usai lawannya di klasemen runner up grup terbaik, Kamboja, takluk di tangan Thailand.

Timnas Indonesia U-23 mendapat harapan untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 usai Kamboja dibekuk oleh Thailand, Senin (21/8) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Kamboja harus menyerah dengan skor 0-2 dari Thailand usai pemainnya, Reth Ly Heng, mencetak dua gol bunuh diri.

Baca Juga:
Analisis Penyebab Kekalahan Timnas indonesia U-23 dari Malaysia, padahal Sempat Unggul Dulu

Reth Ly Heng mencetak gol bunuh diri masing-masing di menit ke-50 dan di menit ke-80. Hasil tersebut pun membuat asa Kamboja untuk lolos ke semifinal sirna.

Pasalnya, kekalahan dari Thailand itu membuat Kamboja hanya berhasil mengoleksi satu poin saja di grup A, sama seperti Myanmar yang di waktu bersamaan menang 4-1 atas Brunei Darussalam.

Sejatinya, Kamboja dan Myanmar sendiri sama-sama mengoleksi empat poin. Tapi dalam aturan ajang ini, poin yang keduanya dapatkan atas Brunei Darussalam selaku juru kunci tak dihitung.

Baca Juga:
3 Tim yang Diprediksi Susul Thailand ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Ada Timnas Indonesia U-23

Sehingga, kini Kamboja pun harus puas mengoleksi satu poin saja karena hasil imbangnya kontra Myanmar di laga kedua grup A.

Koleksi satu poin dari Kamboja ini membuat langkah Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal via jalur Runner Up grup terbaik kian terbuka lebar.

Tapi, Timnas Indonesia U-23 tak sepenuhnya aman untuk lolos. Setidaknya ada dua syarat yang mesti didapatkan skuad Garuda Muda untuk lolos ke babak gugur. Apa saja syarat itu?

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-23 2023: Hajar Kamboja, Thailand Jaga Asa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal

1. Malaysia Menang atau Imbang Kontra Timor Leste

Syarat pertama yang jadi syarat wajib agar Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 adalah bergantung pada hasil laga Malaysia vs Timor Leste.

Di laga terakhir grup B itu, Timnas Indonesia U-23 harus berharap Malaysia bisa menang atau bermain imbang dengan Timor Leste.

Baca Juga:
Respek, Pemain dan Staf Timor Leste Menunduk dan Jabat Tangan Shin Tae-yong

Kemenangan atau hasil imbang yang didapat Malaysia akan membuat Timor Leste maksimal meraih satu poin saja, sehingga Timnas Indonesia U-23 dipastikan menjadi Runner Up grup terbaik.

2. Vietnam Menang atau Imbang Kontra Filipina

Tak hanya berharap dengan Malaysia, Timnas Indonesia U-23 juga harus berharap Vietnam bisa menang atau menahan imbang Filipina di laga terakhir grup C.

Jika Vietnam bisa menang atau bermain imbang, maka Filipina baru akan mengumpulkan satu atau dua poin saja, yang membuat jalan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal via Runner Up grup terbaik terbuka lebar.

Jika Vietnam tumbang dengan skor 0-1 saja, maka pintu Timnas Indonesia U-23 ke semifinal tertutup, mengingat Filipina akan mengantongi empat poin dan membuat Vietnam lolos dengan predikat Runner Up grup terbaik karena unggul selisih gol atas skuad Garuda Muda.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More