Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Malaysia menyoroti kritik yang disampaikan Shin Tae-yong kepada wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 versus Timor Leste di laga Grup B Piala AFF U-23 2023.

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 versus Timor Leste menyisakan momen kontroversial salah satunya gol Ramadhan Sananta di babak kedua yang dianulir wasit.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 berhasil menaklukkan Timor Leste dengan skor tipis 1-0. Skuad Garuda Muda seharusnya bisa menang lebih dari satu gol jika wasit pemimpin laga tidak menganulir gol Ramadhan Sananta.

Baca Juga:
Sebelum Menikah dengan Pratama Arhan, Ini 2 Pria yang Pernah Singgah di Hati Azizah Salsha

Dari tayangan ulang, striker Persis Solo itu sejatinya berada di posisi onside. Dia berlari di belakang bek Timor Leste, tetapi secara mengejutkan dianggap wasit telah offside.

Shin Tae-yong pun menanggapi keputusan kontroversial dari wasit tersebut. Ia menyebut kalau AFF harus berbenah agar Piala AFF menjadi kompetisi yang lebih dihormati.

"Satu hal yang saya ingin katakan, saya tidak ingin menyebut posisi atau jabatan tertentu, tetapi jika AFF ingin mengembangkan reputasi dari kompetisi ini dan juga negara ASEAN ingin mengembangkan sepak bola, maka kita harus memikirkan sesuatu," ujar Shin Tae-yong pasca laga.

Baca Juga:
Kalah Tipis dari Timnas Indonesia U-23, Pelatih Timor Leste Anggap Pertandingan Bagus

Terkait keputusan kontroversial wasit, Shin Tae-yong menganggap hal tersebut sangat merugikan. Dia menekankan bahwa sang pengadil punya peran penting dalam menentukan arah laga.

"Tetapi pengambilan keputusan (wasit), hasilnya bisa mengubah permainan. Kita harus memikirkan hal itu (cara meningkatkan kualitas wasit)," jelas Shin Tae-yong.

Kritikan ini pun langsung disorot media Malaysia, Makan Bola. Dalam artikel yang dituliskan, Shin Tae-yong disebut marah dengan keputusan wasit.

Baca Juga:
Gol Kedua Ramadhan Sananta ke Gawang Timor Leste Dianulir Wasit, Shin Tae-yong Sentil AFF

"Keputusan Pengadil Buat Shin Tae-yong Marah," tulis judul artikel tersebut.

Mereka juga menyoroti tentang tanggapan Shin Tae-yong dimana AFF harus berbenah agar kualitas Piala ini lebih baik.

"Bagi manajer Korsel itu, kualitas pengadil lapangan di tingkat regional perlu ditingkatkan jika ingin kualitas sepak bola Asia Tenggara lebih maju," tulis media Malaysia tersebut.

Baca Juga:
Momen Wasit Asal Thailand Anulir Gol Ramadhan Sananta ke Gawang Timor Leste, Padahal Posisi Onside

Timnas Indonesia U-23 tak cuma sekali dirugikan. Pada laga sebelumnya kontra Malaysia, skuad Garuda Muda harus diganjar penalti kontroversial karena pemain Harimau Malaya melakukan diving sebelum wasit menunjuk titik putih.

Load More