Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Bek timnas Indonesia U022, Komang Teguh mencetak gol ke gawang Vietnam. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Due pemain Timnas Indonesia U-23 Komang Teguh dan Titan Agung batal main di Piala AFF U-23 2023 karena masih terjerat sanksi AFC. PSSI memberikan penjelasan.

Komang Teguh dan Titan Agung mendapat sanksi dari AFC berupa skorsing enam pertandingan bersama Timnas Indonesia dan harus membayar denda 1.000 dollar buntut keributan di laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand pada final SEA Games 2023.

Hukuman itu diputuskan lewat rapat Komite Disiplin (Komdis) dan Etika AFC pada 11 Juli 2023. Namun, PSSI belum mendapat kejelasan dari AFC di mana saja sanksi tersebut berlaku.

Baca Juga:
Absen di Piala AFF U-23 2023, Pratama Arhan Bakal Nikahi Azizah Salsha di Jepang?

Alhasil, PSSI menanyakan kepastian itu kepada AFC melalui surat pada 2 Agustus 2023. Namun, AFC baru membalas surat PSSI pada 15 Agustus yang isinya Komang dan Titan tak bisa bermain di Piala AFF U-23.

"AFC melalui surat 14 Juli, kita di sanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA games (berdasarkan technical handbook SEA Games, yaitu 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detail mengenai friendly-match," kata Manajer timnas Indonesia U-23 Endri Erawan dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

"Setelah itu kita menanyakan lewat email pada 2 Agustus apakah AFF merupakan kategori friendly-match atau bukan. Karena berdasarkan AFC disiplinary code ada perbedaan antara friendly international match dan international turnamen."

Baca Juga:
Deretan Bintang Top Eropa yang Kini Resmi Hijrah ke Liga Arab Saudi, Terkini Neymar

"Dibalas AFC melalui surat pada tanggal 15 Agustus, isinya bahwa AFF termasuk kategori friendly-match karena tidak diorganisasi oleh AFC, di mana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand," tambah Endri Erawan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 berangkat ke Thailand dengan berkekuatan 23 pemain, Senin (14/8/2023). Sebelum itu mereka sempat menggelar training camp (TC) di Jakarta pada 11-13 Agustus lalu.

Alhasil, Komang dan Titan terpaksa akan dipulangkan PSSI dari Thailand. PSSI juga sudah berkoordinasi dengan klub perihal ini.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia, Bagas Kaffa Ungkit 'Ultimatum' Shin Tae-yong

"Dengan ini, PSSI telah mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari final registrasi daftar pemain untuk Piala AFF U-23 2023. Kami juga akan kembalikan mereka ke klub masing-masing," jelas lelaki yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Load More