Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On. (kolase/@pssi, @swansofficial)

Bolatimes.com - Melihat perbandingan nilai pasar yang dimiliki dua pemain keturunan Indonesia di kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship, yakni Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On.

Masyarakat Indonesia tengah berbangga diri setelah dua pemain keturunannya, yakni Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On akan tampil di Divisi Championships 2023/2024.

Kedua pemain keturunan ini akan tampil di kompetisi tersebut bersama tim yang berbeda, yakni Ipswich Town dan Swansea City.

Baca Juga:
Curi Perhatian, Manchester City Ikut Meriahkan HUT ke-78 RI

Elkan Baggott hingga saat ini terdaftar masuk skuad utama Ipswich Town yang berlaga di Divisi Championship 2023/2024, setelah sempat menjalani masa peminjaman di kasta keempat dan ketiga.

Sedangkan Nathan Tjoe-A-On sendiri akan bermain di Divisi Championship 2023/2024 bersama tim asal Wales, yakni Swansea City.

Berbeda dengan Elkan Baggott yang sejak kecil bermain bagi Ipswich Town, Nathan Tjoe-A-On sendiri merupakan rekrutan baru Swansea City.

Baca Juga:
Profil Mitchel Paulissen, Pemain Lee Man FC yang Terkejut Menang Mudah Lawan Bali United

Pemain keturunan asal Belanda ini baru didatangkan para bursa transfer musim panas 2023 ini dari Excelsior dengan biaya yang dirahasiakan.

Karena bermain bagi Ipswich Town dan Swansea City, baik Elkan maupun Nathan pun tak ayal akan saling berhadapan di Divisi Championship 2023/2024.

Duel keduanya tak hanya menjadi duel dua pemain keturunan, melainkan duel antara dua pemain yang sama-sama berposisi sebagai bek dan berstatus ‘raksasa’.

Baca Juga:
HUT ke-78 RI, Pemain Keturunan Brasil Pajang Foto Berseragam Timnas Indonesia

Ya, keduanya sama-sama bermain di lini pertahanan, di mana Elkan bermain sebagai bek tengah dan Nathan bermain sebagai bek kiri.

Bahkan keduanya pun sama-sama punya postur menjulang, di mana Elkan memiliki tinggi sekitar 194 sentimeter, sedangkan Nathan memiliki postur tubuh setinggi 191 sentimeter.

Bakal berduelnya dua pemain muda keturunan Indonesia di Divisi Championship 2023/2024 ini membuat pecinta sepak bola bertanya-tanya.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ingin Piala AFF U-23 Ditiadakan, Pelatih Vietnam U-23 Punya Pendapat Berbeda

Kira-kira di antara Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On, siapakah pemain yang punya nilai pasar paling tinggi?

Jika berbicara soal harga pasar, Nathan Tjoe-A-On punya nilai pasar yang lebih tinggi ketimbang Elkan Baggott di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Diketahui, Nathan memiliki nilai pasar sekitar 500 ribu euro atau setara dengan Rp8,36 miliar. Sedangkan Elkan hanya memiliki nilai pasar setengahnya atau 250 ribu euro (Rp4,18 miliar).

Perbedaan tersebut pun sempat membuat heran. Pasalnya, Elkan punya status mentereng karena pernah bermain di laga internasional ketimbang Nathan yang belum pernah membela tim nasional.

Tapi, perbedaan nilai pasar yang cukup jauh ini bukanlah suatu hal yang mengejutkan karena nilai pasar Nathan melonjak akibat transfer yang dilakukan Swansea City.

Hal ini berbeda dengan Elkan yang berstatus pemain akademi Ipswich Town, sehingga nilai pasarnya tak cukup signifikan dibandingkan Nathan.

Terlepas dari perbedaan nilai pasar tersebut, duel antara Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On di Divisi Championship 2023/2024 akan menjadi tontonan menarik bagi pecinta sepak bola  Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More