Irwan Febri Rialdi
Mantan Pemain Timnas Indonesia, Rochy Putiray (AFP)

Bolatimes.com - Hasil memalukan yang dialami Bali United saat digasak klub Liga Primer Hong Kong, Lee Man FC, memunculkan sejumlah catatan. Salah satunya yakni kiprah para pesepak bola Indonesia yang pernah berkarier di Liga Hong Kong.

Sebelum Bali United ditumbangkan Lee Man dengan skor telak 1-5 pada fase preliminary round Liga Champions Asia 2023/2024, Liga Hong Kong memang pernah beberapa kali menggunakan jasa pemain asal Indonesia.

Bahkan, ada seorang penyerang legendaris Timnas Indonesia yang pernah menghabiskan kariernya di Liga Hong Kong. Selama kariernya itu, dia juga sukses mempersembahkan gelar juara untuk klubnya.

Selain itu, ada pula pemain Indonesia lainnya yang kini mulai merintis karier di Hong Kong. Usianya memang masih sangat muda, sehingga bisa menjadi salah satu prospek cerah bagi Timnas Indonesia di masa mendatang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola asal Indonesia yang pernah merintis karier di Liga Hong Kong.

1. Rochi Putiray

Pesepak bola Indonesia pertama yang mengawali kiprahnya di Liga Hong Kong ialah penyerang legendaris Timnas Indonesia, Rochi Putiray.

Pemain yang berasal dari Ambon ini memang dikenal sebagai pesepak bola yang punya skill dan mental bertanding yang baik. Ketika itu, Rochi dilirik oleh salah satu klub Liga Hong Kong, Instan-Dict FC.

Momen kepindahannya itu terjadi setelah meninggalkan Persija Jakarta pada 2000. Bersama klub itu, Rochi langsung mempersembahkan gelar juara Piala FA Hong Kong dan peringkat kedua di Liga Hong Kong.

Setelah itu, kariernya di Hong Kong melambung. Sejumlah klub mulai menggunakan jasanya. Mulai dari Happy Valley, Kitchee SC, hingga South China AA.

2. Jonathan Gillies Limbu

Selanjutnya, ada pesepak bola Indonesia yang barangkali masih cukup asing terdengar bagi masyarakat. Sosok tersebut ialah Jhonattan Gillies Limbu. Pemain muda ini bergabung dengan Sham Shui Po FC.

"Pemain asal Indonesia Limbu bergabung dengan Sham Shui Po. Limbo lahir di Indonesia dan sedang mengajukan permohonan paspor SAR. Dia bermain di Liga usia muda Hong Kong musim lalu," bunyi pernyataan resmi Sham Shui Po FC dikutip dari Instagram, Kamis (13/7/2023). 

Jika merujuk pada data Transfermarkt, Limbu merupakan pemain yang lahir di Kediri pada 28 Oktober 2005. Artinya, pemain berusia 17 tahun ini usianya masih sangat muda.

Sebelum bergabung dengan Sham Shui Po FC, Limbu pernah memperkuat beberapa klub Hong Kong, mulai dari HKFC Youth hingga Club Colts (2022-2023).

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More