Irwan Febri Rialdi | Rully Fauzi
Pelatih Malaysia U-22, Elangowan Elavarasan, untuk SEA Games 2021. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Malaysia U-23, Elangowan Elavarasan, was-was dengan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 karena ditangani langsung oleh Shin Tae-yong.

Elavarasan merasa cemas karena Timnas Indonesia U-23 kini diasuh oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri telah mengambil alih kendali Timnas U-23 dari tangan Indra Sjafri, setelah berhasil meraih gelar juara di SEA Games 2023.

Penunjukan Shin Tae-yong untuk mengemban dua misi penting dari PSSI merupakan langkah yang diambil.

Dalam konteks Timnas U-23, PSSI memiliki target agar Shin Tae-yong dapat membawa tim lolos ke Olimpiade 2024.

Piala AFF U-23 2023 pun menjadi ajang 'pemanasan' sebelum berjuang keras demi meraih tiket ke putaran final Olimpiade 2024.

Sementara itu, Elangowan Elavarasan tetap menjabat sebagai pelatih Timnas U-23 Malaysia atas keputusan dari Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Apa yang Bikin Pelatih Malaysia Ketar-ketir?

Dengan kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih, Elangowan Elavarasan menganggap Indonesia sebagai tim yang tangguh di bawah asuhannya.

Pelatih Timnas Malaysia U-23, Elangowan Elavarasan (tengah). [dok. FAM]

"Pelatih Timnas Indonesia senior (Shin Tae-yong) mengambil alih tim," ujar Elavarasan dikutip dari New Straits Times, Rabu (16/8).

"Di bawah asuhan dia, Indonesia terlihat sangat kuat. Termasuk tim U-23 mereka yang nanti akan kami hadapi," lanjutnya.

Beban berat terletak pada bahu Elvarasan dalam konteks turnamen Piala AFF U-23 2023. Hal ini dikarenakan Elvarasan tidak berhasil memenuhi harapan masyarakat Malaysia pada ajang SEA Games 2023 lalu, di mana timnya tersingkir di fase grup.

Masyarakat Malaysia menuntut Elvarasan untuk memberikan hasil terbaik bagi Timnas U-23 Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

Elvarasan berbicara, "Peristiwa di SEA Games adalah bagian dari dinamika sepak bola yang tidak bisa dihindari. Tim kami memerlukan waktu dan pengalaman untuk berkembang. Setiap hal baru memerlukan tahapan waktu yang wajar."

"Kami tidak bisa instan meraih gelar, bahkan jika tim ini dilatih oleh Jose Mourinho," kilah sang pelatih.

Tim Harimau Malaya Muda --julukan Timnas Malaysia U-23-- akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF U-23 2023 dengan melawan Timnas Indonesia U-23 di Grup B pada Jumat (18/8) di Thailand.

Load More