Irwan Febri Rialdi
Gelandang PSS Sleman, Jonathan Bustos, saat mencetak gol untuk Bhayangkara FC. (Instagram/@pssleman)

Bolatimes.com - PSS Sleman tampaknya harus berterima kasih banyak pada salah satu pemain asingnya, Jonathan Bustos. Sebab, dalam beberapa laga terakhir, dia sukses menggendong Elang Jawa di BRI Liga 1 2023/2024.

Yang terbaru, penampilan impresif Jonathan Bustos sukses menggendong PSS Sleman untuk mencatatkan comeback impresif kontra Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (13/8/2023).

Dalam laga itu, Elang Jawa sempat tertinggal 0-1. Namun, mereka sukses menyamakan kedudukan dan akhirnya berbalik unggul menjadi 3-1 hingga laga berakhir. Pada laga ini, Bustos sukses menyumbang satu gol untuk PSS.

Sebetulnya ini bukan kali pertama bagi pemain asal Argentina itu menggendong PSS Sleman. Sebab, pada pertandingan sebelumnya, dia sukses mencetak satu gol dan dua assist untuk membawa Elang Jawa menang 3-2 di markas Persikabo 1973.

Dua assist Bustos ini sukses dikonversi menjadi gol oleh Thales Lira (20’) dan Hokky Caraka (28’). Adapun golnya dicetak lewat cara yang impresif, yakni sepakan tendangan pojok langsung pada menit ke-45.

Sejauh ini, Bustos memang sudah menjadi pencetak gol dan assist terbanyak tim Elang Jawa. Dari delapan pertandingan, pemain bernomor punggung 32 ini sukses mencetak tiga gol dan dua assist.

Profil Jonathan Bustos

Sebagai informasi, Jonathan Bustos bukanlah pesepak bola baru di Indonesia. Sebab, pemain kelahiran Buenos Aires, Argentina, pada 29 Juni 1994 ini sudah sempat menghabiskan dua musim bersama Borneo FC.

Entah mengapa, kebersamaan Bustos dengan Borneo FC sudah harus berakhir. Padahal, dia adalah salah satu pemain yang paling bisa diandalkan oleh skuad Pesut Etam pada dua musim terakhir.

Pada Liga 1 2021/2022, misalnya, Bustos sukses mencetak lima gol dan enam assist dari 28 laga. Musim berikutnya, dia menghasilkan lima gol dan delapan assist dari 30 penampilannya di musim 2022/2023.

Gelandang serang berusia 29 tahun ini memang sudah sempat berpindah-pindah klub sebelum berkarier di Indonesia. Dia mengawali kariernya bersama dua klub yang berasal dari Buenos Aires.

Dua klub yang dimaksud ialah Huracan (2011-2014) dan Platense (2015-2019). Setelah itu, Bustos sempat berkarier di Yunani bersama AEL FC (2019-2020), tetapi dia kembali pulang ke Platense pada 2020.

Sebelum menginjakkan kakinya di Indonesia, pemain berusia 29 tahun ini sempat merasakan atmosfer kompetisi Peru pada 2021. Ketika itu, dia bermain untuk FC Melgar tetap tak bertahan lama di sana.

Yang jelas, kini Bustos sudah menjadi idola baru bagi para penggemar PSS Sleman. Aksi-aksi impresifnya di atas lapangan sering mengundang decak kagum dari penonton. Sayangnya, Bustos haru absen pada laga berikutnya karena akumulasi kartu kuning.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More