Irwan Febri Rialdi
Kapten Timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho usai kalahkan Thailand di final SEA Games 2023. (Instagram/@rizkyridhoramdani)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain andalan yang pernah membantu Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2023 terpaksa absen di Piala AFF U-23 2023. Mereka mengalami kendala untuk memenuhi panggilan negara.

Tentu saja, absennya tiga pemain penting Timnas Indonesia U-23 ini menjadi kerugian besar bagi pelatih kepala, Shin Tae-yong, Sebab, ketiganya merupakan sosok pemain andalan yang tampil impresif pada SEA Games 2023.

Meskipun demikian, Shin Tae-yong sudah memutuskan untuk mencari alternatif. Beberapa pemain pengganti dipanggil skuad Garuda Muda untuk menyusul pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23 2023.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain andalan yang batal memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

1. Fajar Fathur Rahman

Pemain Timnas Indonesia U-22 Fajar Fathur Rahman. (Instagram/@pssi)

Pemain andalan Timnas Indonesia U-23 yang dipastikan absen pada Piala AFF U-23 2023 ini ialah Fajar Fathur Rahman. Dia tak dilepas Borneo FC karena pembatasan pengiriman dua pemain dari setiap klub.

Awalnya, dia dipanggil bersama Komang Teguh dan Daffa Fasya. Namun, hanya dua nama terakhir yang akhirnya bisa memperkuat skuad Garuda. Absennya Fajar jelas jadi kerugian.

Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini adalah pencetak gol terbanyak skuad Garuda Muda di SEA Games 2023 dengan koleksi lima gol.

2. Adi Satryo

Kiper Timnas Indonesia U-22, Adi Satryo (PSSI)

Selanjutnya, ada nama kiper andalan PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo, yang dipastikan batal memperkuat Timnas Indonesia U-23. Dia tak dilepas pihak klub karena mengalami masalah.

Manajemen PSIS Semarang menjelaskan, Adi Satryo sempat mengalami muntah-muntah karena masalah pencernaan. Akhirnya, dia tak berangkat ke Jakarta untuk mengikuti TC skuad Garuda Muda.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong telah memanggil pemain pengganti. Sosok yang dimaksud ialah Nuri Agus, penjaga gawang klub Liga 2, Bekasi City FC. Belum jelas alasan pemilihan pemain asal Karanganyar itu.

3. Rizky Ridho

Bek Persija Jakarta Rizky Ridho. (Instagram/@rizkyridhoramadhani)

Selanjutnya, salah satu pemain penting di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023, Rizky Ridho, juga dipastikan absen pada kejuaraan Piala AFF U-23 2023.

Bek tengah asal Persija Jakarta ini tak dilepas oleh pihak klub. Sebab, Thomas Doll masih membutuhkan jasa Rizky Ridho untuk membantu Macan Kemayoran bersaing di kompetisi Liga 1 2023/2024.

Sebagai gantinya, sudah ada pemain yang siap untuk menambal lubang ini. Shin Tae-yong memutuskan untuk memanggil Muhammad Kanu Helmiawan dari Persis Solo. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More