Irwan Febri Rialdi
Pemain diaspora, Welber Jardim (Instagram/elisangelo_liu)

Bolatimes.com - Pemain diaspora Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim, mendapat kesempatan bermain dari pelatih Bima Sakti pada laga uji coba melawan Persis Solo U-17. Namun, dia tak main di posisi aslinya.

Sebagai informasi, laga uji coba antara Timnas Indonesia U-17 kontra Persis Solo U-17 ini berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (12/8/2023). Welber Jardim membantu timnya menang tiga gol tanpa balas.

Pada pertandingan uji coba terakhir di Solo ini, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, memberikan menit bermain kepada pemain yang bernama lengkap Welberlieskott de Halim Jardim itu. 

Pemain yang memperkuat Sao Paulo U-17 itu diturunkan Bima Sakti untuk mengisi posisi sebagai bek kanan. Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram @ikyawan7 pada MInggu (13/8/2023).

"Kemarin Welber Jardim sempat ikut tanding lawan (Persis) Solo dan menang 3-0. Pada laga uji coba ini, Welber dimainkan di posisi RB (bek kanan)," tulis pemilik unggahan tersebut.

Dalam duel ini, Welber Jardim memang baru dimainkan Bima Sakti pada babak kedua. Dia mendapat kesempatan untuk mengisi pos bek kanan. Dia juga dinilai tampil bagus pada pertandingan ini.

Jika merujuk pada posisi naturalnya, Welber Jardim memang biasa menempati posisi di sektor sayap kanan. Karakteristik pemain berusia 16 tahun yang versatile alias serbaguna ini jadi keunggulan tersendiri.

Sebab, dengan kemampuan multi-posisi itu, Welber Jardim bisa menempati sejumlah pos, mulai dari winger kanan, gelandang kanan, hingga bek kanan. Namun demikian, dengan usia yang masih muda, dia masih berpeluang untuk terus berkembang.

Terlepas dari penampilan ini, Bima Sakti memastikan bahwa Timnas U-17 sudah memiliki kerangka tim dan akan melakukan penambahan pemain yang berkualitas untuk Piala Dunia U-17.

"Timnas U-17 yang pasti sudah mempunyai kerangka tim dan tinggal mencari tambahan lagi dari luar," kata Bima Sakti saat ditemui awak media di Stadion Sriwedari, Solo, Jumat (11/8/2023).

"Pasti ada tambahan satu dua pemain yang luar biasa. Kami memang butuh pemain yang siap untuk turnamen besar Piala Dunia dengan rentang waktu yang tinggal tiga bulan lagi," sambungnya.

Menurut Bima Sakti, tim asuhannya sudah mengalami banyak kemajuan setelah melakukan beberapa kali pertandingan dengan tim yang levelnya lebih tinggi dalam persiapan ke Piala Dunia U-17.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More