Irwan Febri Rialdi
Bek asing Semen Padang, Kim Min Gyu. (Instagram/@semenpadangfcid)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Kim Min Gyu, pemain asing baru milik Semen Padang guna mengarungi kompetisi Liga 2 2023/2024.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 2, Semen Padang memutuskan untuk merekrut bek asing Asia pada diri Kim Min Gyu asal Korea Selatan.

Keputusan ini diambil usai tim berjuluk Kabau Sirah ini mempersiapkan penggawa lokal berjumlah 29 pemain, sebelum merekrut pemain asing baru.

Sebagai informasi, Liga 2 musim ini memang membolehkan pesertanya mendatangkan pemain asing untuk mengarungi kompetisi.

Karenanya, Semen Padang pun memutuskan merekrut Kim Min Gyu untuk Liga 2 musim ini. Ia dikontrak langsung tanpa menjalani trial.

Keputusan menggaet Kim Min Gyu tanpa trial bukan tanpa alasan. Sebab, Semen Padang menilai pemain asing barunya itu tampil reguler di klub sebelumnya dan sesuai keinginan pelatih.

“Kita sudah sepakat degan pelatih untuk mencari pemain asing yang tampil reguler dan siap dimainkan,” ucap CEO Semen Padang, Win Bernadino, dikutip dari Antara.

“Jajaran pelatih sudah mempelajari dan melihat kemampuan pemain ini (Kim Min Gyu). Hasil rapat dengan seluruh tim kepelatihan, Kim dipilih untuk menambah kekuatan lini belakang,” lanjutnya.

Kehadiran Kim Min Gyu pun membuat namanya menjadi perbincangan, terutama bagi para pendukung Semen Padang dan penikmat Liga 2.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari rekrutan baru Semen Padang untuk Liga 2 2023/2024 tersebut, yakni Kim Min Gyu.

Jebolan Pohang Steelers

Kim Min Gyu merupakan rekrutan baru Semen Padang pemain asal Korea Selatan yang baru berusia 23 tahun. Ia lahir pada 25 November 1999 silam.

Bek berpostur 188 cm ini memiliki diketahui merupakan jebolan tim papan atas Korea Selatan, Pohang Steelers sebelum mendarat di Indonesia.

Kiprahnya di sepak bola bermula di bangku sekolah saat membela Shinhan Middle School. Penampilannya kemudian membuat Pohang Steelers merekrutnya pada 2015 untuk masuk tim U-18.

Setelah bermain di Pohang Steelers U-18, Kim kemudian bermain di klub Universitas bersama Konkuk University selama dua tahun.

Pada 2020, Kim kembali ke Pohang Steelers dan masuk ke tim utama. Sayangnya, persaingan ketat membuatnya tersisih dari klub papan atas itu.

Pada 2021, Kim kemudian dipinjamkan ke Gimhae FC di kasta ketiga selama setahun, di mana ia tampil reguler bagi timnya.

Usai menuntaskan masa pinjaman, Kim sempat kembali ke Pohang Steelers pada Desember 2021. Lagi-lagi, ia tak mampu menembus tim utama Pohang Steelers.

Tak ayal, Pohang Steelers kemudian mendepaknya ke tim Malaysia, Kelantan FC pada Januari 2023 dengan biaya yang dirahasiakan.

Bersama Kelantan FC, Kim bermain total sebanyak sembilan kali di tahun 2023 ini, baik di ajang Liga Super Malaysia dan Piala FA Malaysia.

Tak sampai sembilan bulan di Kelantan FC, Kim pun kemudian dipinang Semen Padang dengan status bebas transfer untuk mengarungi Liga 2 2023/2024.

Kehadiran Kim Min Gyu pun meneruskan tradisi pemain Korea Selatan di Semen Padang. Sebelum kehadirannya, Kabau Sirah sempat menuai kisah manis dengan pemain asal Negeri Gingseng itu.

Pada gelaran ISL atau Indonesia Super League, Semen Padang sempat dibela penggawa asing asal Korea Selatan seperti Lee Gil Hoon dan Ko Jae Sung.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More