Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Beckham Putra usai mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Kamboja (Instagram /PSSI)

Bolatimes.com - Gelandang andalan Persib Bandung, Beckham Putra, akan rejat sejenak dari tim untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2023.

Sejauh ini, terdapat setidaknya dua dampak negatif yang kemungkinan dirasakan Persib Bandung setelah rela melepas Beckham Putra ke tim nasional.

1. Bikin Bojan Hodak Pusing

Pelatih baru Persib Bandung Bojan Hodak (kiri) didampingi pesepak bola Persib Bandung Beckham Putra (kanan) memberikan keterangan pers usai pertandingan melawan Bali United pada laga lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/8/2023). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp.

Selain Beckham Putra, Robi Darwis juga dipanggil ke TC timnas Indonesia U-23.

Dua orang pemain tersebut telah dipilih menjadi bagian dari skuad Timnas U-23 Indonesia yang akan berkompetisi dalam turnamen Piala AFF U-23 2023.

Turnamen Piala AFF U-23 2023 dijadwalkan berlangsung pada tanggal 17-26 Agustus 2023.

Dalam merespons hal ini, pelatih Persib Bandung yaitu Bojan Hodak, mengakui merasa bingung.

"Bagi saya, jika itu agenda FIFA, maka kami tentu mempertimbangkannya," ujar Bojan Hodak usai laga Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo.

"Tetapi saya mengikuti semuanya untuk mengikuti peraturan yang ada," ujar Bojan Hodak.

"Jika semuanya bicara bahwa itu harus dilakukan, saya tidak punya pilihan," tambahnya.

2. Persib Bakal Susah di Tiga Laga Krusial

Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra melakukan selebrasi setelah mencetak gol untuk timnya selama pertandingan pekan kesembilan BRI Liga 1 2022-2023 antara Arema FC vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/9/2022). [Persib Bandung]

Apabila Persib memutuskan untuk melepas Beckham Putera dan Robi Darwis kepada Timnas U-23 Indonesia, tentu hal tersebut akan mengakibatkan kerugian tersendiri.

Sebab, kepergian dua pemain tersebut akan dirasakan oleh Persib dalam tiga pertandingan.

Pertandingan-pertandingan tersebut meliputi saat Persib bertemu dengan Barito Putera (13/8/2023), PSIS Semarang (20/8/2023), dan RANS Nusantara FC (26/8/2023).

Tiga pertandingan tersebut diatur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan kemungkinan perjalanan timnas Indonesia U-23 hingga mencapai final Piala AFF U-23 2023.

(Imdudin Robani Adam)

Load More