Irwan Febri Rialdi
Pemain RANS Nusantara FC Abdul Rahman. (Liga Indonesia Baru)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Abdul Rahman, pemain jebolan Liga 3 yang kini membela RANS Nusantara FC dan dipanggil ke Timnas Indonesia U-23.

Belum lama ini, PSSI merilis daftar 23 pemain yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Jika dilihat dari daftar pemain yang dipanggil, PSSI memanggil pemain-pemain yang sudah malang melintang bersama Timnas Indonesia kelompok umur maupun senior.

Tapi dari 23 nama itu, ada lima nama yang ternyata merupakan debutan atau pemain yang baru dipanggil ke Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah Abdul Rahman. Penyerang milik RANS Nusantara FC ini dipanggil karena performa impresifnya di Liga 1 2023/2024.

Bersama RANS, pemain berusia 22 tahun ini selalu dimainkan dan berhasil melesakkan satu gol saat bermain imbang 2-2 kontra Persebaya Surabaya.

Penampilan apiknya itu sudah cukup meyakinkan PSSI untuk memasukkannya ke dalam daftar 23 pemain yang dibawa ke Piala AFF U-23 2023.

Hadirnya nama Abdul Rahman pun sempat menghadirkan pertanyaan besar. Pertanyaan itu adalah soal rekam jejaknya yang sebelumnya hampir tak terdengar.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Abdul Rahman, sang debutan di Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023.

Rekam Jejak Abdul Rahman

Abdul Rahman merupakan pesepak bola kelahiran Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Ia lahir pada 1 Agustus 2001 atau saat ini berusia 22 tahun.

Kariernya di sepak bola terbilang inspiratif. Sebab, Abdul Rahman memulai kariernya dari mengikuti seleksi di berbagai tim di Indonesia.

Diketahui, Abdul Rahman kemudian membela tim muda Badak Lampung yang sempat berkiprah di kompetisi Liga 1 2019 silam.

Setelah bermain di tim muda Badak Lampung, Abdul Rahman kemudian menyeberang ke klub Liga 3, yakni Serpong City FC.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Abdul Rahman bermain di Liga 3 bersama Serpong City selama dua tahun, yakni sejak 2021 hingga 2023.

Kemudian, Abdul Rahman pun mengikuti seleksi untuk masuk ke RANS Nusantara FC guna bertarung di Liga 1 2023/2024 atau musim ini.

Dalam seleksi tersebut, Abdul Rahman harus melewati tiga tahapan seleksi terbuka dengan puluhan pemain dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia pun disebutkan sempat kesulitan untuk seleksi karena sempat tak bisa membeli tiket pesawat ke Surabaya guna melakoni seleksi.

Namun dirinya mendapat bantuan yang membuatnya akhirnya bisa mengikuti seleksi di Surabaya dan berhasil lolos untuk membela RANS Nusantara FC.

Usai bergabung RANS, ia pun mampu memberikan kesan impresif kepada sang pelatih, Eduardo Almeida, sehingga Abdul Rahman beberapa kali jadi andalan.

Di Liga 1 2023/2024 ini, Abdul Rahman beberapa kali tampil sebagai starter dan mampu membawa RANS berbicara banyak sehingga timnya bisa bercokol di papan atas klasemen hingga pekan ke-7.

Penampilan bersama RANS itulah yang juga membawa Abdul Rahman menembus Timnas Indonesia U-23 yang akan berkiprah di Piala AFF U-23 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More