Husna Rahmayunita
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Instagram/rizkyridhoramadhani)

Bolatimes.com - Persija Jakarta diklaim menahan Rizky Ridho ke Timnas Indonesia U-23. Hal ini membuat Shin Tae-yong harus putar otak mencari pengganti.

Polemik penahanan pemain membuat Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengamuk di hadapan media saat ditemui di sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Sumardji tak hanya menegur klub yang menahan pemainnya bergabung Timnas Indoensia U-23, tetapi sampai menyemprot beberapa nama.

Baca Juga:
Kiper Idaman Shin Tae-yong Resmi Gabung Inter Milan, Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Thomas Doll di Persija Jakarta dan Bernardo Tavares di PSM Makassar, dianggap menghalangi jalannya pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023.

Hal ini membuat Shin Tae-yong harus mencari opsi pemain lain, sebagai pengganti Rizky Ridho untuk bermain di Piala AFF U-23 2023.

Lantas siapa sosok yang cocok dipanggil STY? berikut 3 pemain yang mungkin bisa mengganti posisi Rizky Ridho di Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:
Sumardji Sindir Pelatih Asing: Makan di Negara Ini Tapi Bikin Sulit Pemain Gabung Timnas

1. Haykal Alhafiz (PSIS Semarang)

Pemain muda PSIS Semarang, Haykal Alhafiz dirasa cocok menggantikan posisi Rizky Ridho, Laskar Mahesa Jenar juga terbilang kooperatif soal pelepasan pemain.

Dua pemain mereka Muhammad Adi Satryo dan Alfeandra Dewangga pun turut dilepas PSIS Semarang, meski Adi Satryo masih ditahan karena sakit.

Baca Juga:
Sumardji Sebut Thomas Doll Tak Dukung Program Timnas Indonesia, Ini Sebabnya

Dewangga yang juga masih cedera turut dilepas, karena itu PSIS dirasa mampu memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia U-23 terhadap Haykal Alhafiz.

2. Muhammad Kanu (Persis Solo)

Sumardji menyebut Persis Solo memberikan dukungan penuh terhadap program Timnas Indonesia U-23, termasuk pelepasan pemain.

Baca Juga:
6 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Ogah Ambil Pusing

Hal itu sudah dikonfirmasi Sumardji dengan manajemen Persis Solo yang disebut tidak ragu melepas pemainnya ke tim nasional.

"Jadi begini, memang ketika nanti ini betul-betul Dzaky dan Ridho tidak datang saya sudah koordinasi dengan coach Shin," ucap Shin Tae-yong.

"Opsinya adalah satu Kanu mungkin, opsi kedua Haykal.

"Kami akan komunikasikan lagi dengan klubnya. Tetapi kemarin saya sudah di telepon sama manajemen Persis Solo.

"Kalau memang Kanu dibutuhkan hari ini juga akan dikirim, tidak usah ragu-ragu dan Persis Solo mendukung sepenuhnya program Timnas." imbuhnya.

3. Iqbal Gwijangge (Barito Putera)

Khusus untuk pemain ini cukup tidak masuk akal, mengingat Iqbal Gwijangge juga masuk skuad Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Namun dalam persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023, Piala AFF U-23 2023 bisa jadi ajang persiapan yang bagus untuk Iqbal Gwijangge.

Sebelum menyusul teman-temannya menjalani pemusatan latihan di Eropa, tepatnya di Jerman, jasa Iqbal masih bisa dipakai untuk Piala AFF U-23 2023.

Kontributor: Eko
Load More