Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong punya rekor bagus saat menghadapi Malaysia. Ini bisa menjadi modal positif untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan menghadapi Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2023 bersama Timor Leste dan Malaysia. Ajang ini sendiri bakal berlangsung di Thailand.

Pada laga perdana, Skuad Garuda Muda akan menghadapi Malaysia di Stadion Rayong Province, Thailand, pada Jumat (18/8/2023) malam WIB.

Persiapan Shin Tae-yong dalam membangun Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 tahun ini terbilang mepet karena baru akan menjalani pemusatan latihan pada hari ini, Kamis (10/8).

Kendati begitu, Shin Tae-yong punya modal kuat lainnya untuk melawan Malaysia karena memiliki rekor sangat positif saat melawan Harimau Malaya.

Dalam dua pertandingan yang dihadapi Shin Tae-yong melawan Malaysia selama menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, pemain berusia 54 tahun itu selalu meraih kemenangan.

1. Piala AFF 2020

Pada pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia di pertandingan pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Shin Tae-yong berhasil mempersembahkan kemenangan buat Merah Putih.

Pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Singapura, tersebut berhasil dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 4-1.

Selain pesta gol ke gawang rival bebuyutan, kemenangan telak ini membuat Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020.

2. SEA Games 2021

Setelah sukses melibas Malaysia dengan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melanjutkan tren positifnya dengan mengalahkan Malaysia di SEA Games 2021.

Saat itu Timnas Indonesia U-23 bermain imbang 1-1 hingga waktu normal dan babak tambahan waktu. Skuad Garuda Muda akhirnya menang 4-3 di babak adu penalti.

Dua kemenangan dari dua pertandingan melawan Malaysia tentu diharapkan bisa berlanjut dengan hasil positif saat Timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia U-23 di Piala AFF u-23 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More