Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Klub BRI Liga 1 2023/2023 bisa diuntungkan jika melepas pemain-pemainnya ke L. Namun, keuntungan itu hanya berlaku untuk tim yang setidaknya ada dua atau lebih pemain dilepas ke tim nasional.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan menggelar Training Camp (TC) yang dimulai pada 10-14 Agustus di Jakarta. Pemusatan latihan ini sebagai persiapan menatap Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong telah merilis daftar 23 pemain yang akan diboyong. Setidaknya, ada enam klub yang harus melepas dua pemain atau lebih ke Garuda Muda.

Baca Juga:
Video Elkan Baggott Bangun Serangan Ipswich Town, Umpannya Jadi Awal Mula Terjadi Gol

Timnas U-23 Saat Menjalani Sesi Latihan (pssi.org)

Mereka adalah Persib Bandung, Borneo FC Samarinda, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persis Solo, dan Persita Tangerang. Nah, masalahnya adalah pemain-pemain di klub ini sebagian adalah andalan di timnya masing-masing.

Piala AFF U-23 2023 tidak masuk dalam kalender FIFA sehingga sah-sah saja klub tidak melepas pemainnya ke tim nasional. Terlebih, BRI Liga 1 tidak libur saat kejuaraan tersebut berlangsung.

Namun, di luar itu pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23 bisa jadi keuntungan bagi klub-klub itu. Pasalnya, klub yang menyumbang dua pemain atau lebih dibebaskan dari regulasi pemain U-23.

Baca Juga:
Dulu Main di Liga 3, Pelatih RANS Nusantara FC Bangga Pemain Ini Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23

Seperti diketahui, dalam regulasi BRI Liga 1 2023/2024, setiap tim wajib memainkan satu pemain U-23 setidaknya 45 menit. Tentu kalau dihapuskan, tim tersebut bisa menurunkan pemain yang lebih berpengalaman.

"Jika terdapat pemanggilan 1 pemain U-23 oleh Timnas, maka klub tetap wajib memainkan pemain U-23 Lainnya, baik itu dari kuota 35 pendaftaran atau pemain yang dinaikkan dari Tim U20/U18/U16," tulis poin a soal ketentuan penggunaan pemain U-23 regulasi BRI Liga 1 2023/2024.

"Jika terdapat pemanggilan 2 pemain U-23 atau lebih, maka Klub dibebaskan dari kewajiban memainkan Pemain U-23 sejak menit awal," sambung poin b regulasi tersebut.

Baca Juga:
Profil Stevenage FC, Klub Kasta Ketiga Liga Inggris yang Berminat Pinjam Elkan Baggott

Meski begitu, tentu akan ada tim-tim yang kehilangan karena pemainnya ke Timnas Indonesia U-23, lantaran sudah jadi andalan di klub. Sebut saja Rizky Ridho (Persija), Beckham Putra dan robi Darwis (Persib), Ramadhan Sananta (Persis Solo), dan Ernando Ari (Persebaya Surabaya).

Load More