Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Argentina. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong punya agenda terdekat bersama Timnas Indonesia U-23 yaitu Piala AFF U-23 2023. Ajang ini berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang.

Ajang ini menjadi kesempatan terdekat Shin Tae-yong untuk mempersembahkan trofi pertamanya buat Timnas Indonesia (di semua level).

Akan tetapi, langkah untuk meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023 diprediksi bakal sulit buat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-23.

Apa alasannya? Berikut ulasan dari Bolatimes.

1. Persiapan Mepet

Kurang dari 10 hari lagi gelaran Piala AFF U-23 2023 bakal digelar, tapi kerangka Timnas Indonesia U-23 sendiri belum diketahui.

PSSI sebetulnya sudah mengumumkan 26 nama pemain kemarin, Senin (7/8), tapi unggahan di media sosial PSSI itu dihapus.

Rencananya, Timnas Indonesia U-23 baru akan melakukan pemusatan latihan pada 14 Agustus. Itu artinya hanya empat hari sebelum laga perdana melawan Malaysia pada 18 Agustus.

2. Klub Tak Lepas Pemain

Tidak masuknya Piala AFF U-23 2023 ke dalam kalender FIFA berpotensi membuat Shin Tae-yong tidak bisa mendapatkan pemain terbaik untuk Timnas Indonesia U-23.

Terlebih banyak pemain Persija Jakarta asuhan Thomas Doll yang dipanggil STY, tetapi Persija punya rekam jejak tidak bersahabat soal pemanggilan pemain ke Timnas.

Teranyar terjadi saat dua pemain Persija, Rizky Ridho dan Witan Sulaeman, yang tidak kunjung dilepas Persija ke Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday Juni lalu.

3. Tanpa Target di Piala AFF U-23 2023

PSSI sejak awal punya rencana lain. PSSI tidak mematok target juara untuk Shin Tae-yong pada ajang Piala AFF U-23 2023.

Ini mesti diingat, Piala AFF U-23 di Thailand tanpa target. Kita akan mempersiapkan tim yang memang kita mau lakukan untuk mengisi persiapan U-23 yaitu Piala Asia U-23 (kualifikasi). Jadi Piala AFF U-23 bukan tim inti," ujar Ketua PSSI, Erick Thohir, beberapa waktu lalu.

Tampil di Piala Asia U-23 tentu akan lebih bergengsi bagi Indonesia. Apalagi, jika mampu menembus semifinal Piala Asia U-23, Indonesia akan mengamankan satu tiket bermain di Piala Dunia U-20 sebagai wakil Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More