Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bima Sakti kini kabarnya tak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 akibat kekalahan lawan Kashima Antlers. Benarkah demikian?

Dalam laga uji coba melawan Kashima Antlers yang digelar di Stadion Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada Sabtu (5/8/2023), Timnas Indonesia U-17 menelan kekalahan dari dengan skor 2-3.

Kekalahan itu membuat ketum PSSI, Erick Thohir tak bisa lagi menahan amarah dan langsung memecat Bima Sakti. 

Baca Juga:
Profil Zane Adnan, Pemain Berdarah Amerika Serikat yang Jadi Bintang Baru Timnas Basket Indonesia

Ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun Garuda Asia U-17 selama menjalani uji coba di Bali. Sebelumnya, mereka takluk 0-3 dari Barcelona Juvenil A.

Sempat unggul 2-1, tim asuhan Bima Sakti kecolongan dan berakhir kalah  2-3 setelah Kashima Antlers mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir.

Pasca kekalahan ini, beredar narasi bahwa Erick Thohir ngamuk dan akhirnya memecat Bima Sakti. 

Baca Juga:
Daftar Kekalahan Telak di BRI Liga 1 2023/2024, Arema FC Paling Sering Jadi Korban

Narasi itu dibagikan kanal YouTube HBS Timnas dengan judul video 'Sialan Kalah Lagi 3-2 & Erick Thohir Langsung Pecat Bima Sakti di Timnas Indonesia U17~Sty Benar'.

Dalam thumbnail video terlihat potret Erick Thohir yang tampak emosi dengan skor 2-3 yang diraih Timnas Indonesia U-17.

Thumbnail juga berisi narasi 'Kesabaran Saya Sudah Habis!! Erick Thohir Resmi Ganti Pelatih untuk Timnas Indonesia U-17, Jadi Tuntutan Saya.'

Baca Juga:
Sudah Beda Klub, Momen Kocak Ricky Kambuaya Ikut Latihan Persib Bandung saat Lawan Dewa United

Hingga Minggu (6/8/2023), video tersebut telah ditonton telah tayang lebih dari 23 ribu kali.

Lantas, benarkah informasi yang diklaim video tersebut?

Cek Fakta

Baca Juga:
Demi Sextuple, Manchester City Bertekad Kalahkan Arsenal di Community Shield

Setelah dilihat secara keseluruhan, video yang berdurasi 7 menit 5 detik itu sama sekali tidak memperlihatkan pernyataan Erick Thohir soal memecat Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17.

Faktanya, narator dalam video tersebut menjelaskan strategi Erick Thohir terkait persiapan PSSI untuk Piala AFF.

Selain itu narator juga menjelaskan persiapan PSSI untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Ia menyebut asisten pelatih Timnas berencana ke Belanda untuk mencari pemain diaspora.

Hingga akhir video tidak ada bukti maupun pernyataaj langsung dari Erick Thohir bahwa ia memecar Bima Sakti akibat kekalahan Timnas Indoneisa U-17 dalam laga uji coba di Bali.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi Erick Thohir pecat Bima Sakti usai kekalahan Timnas Indonesia U-17 kalah dari Kashima Antlers adalah hoax alias berita tidak benar.

Pasalnya, Bima Sakti pun telah mengatakan dirinya tengah mempersiapkan tim untuk menjalani pemusatan latihan dan uji coba dalam menghadapi Piala Dunia U-17.(

Load More