Arif Budi Setyanto
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Media Jepang menyoroti timnas Indonesia yang dianggap punya potensi besar di Piala Asia 2023 mendatang. Faktor terbesarnya adalah jika naturalisasi pemain keturunan berjalan lancar.

Timnas Indonesia menjadi salah satu kontestan di Piala Asia 2023. Skuad yang dipimpin Shin Tae-yong masuk ke grup yang berat karena melawan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Apalagi tim Merah Putih punya posisi paling buncit di ranking FIFA ketimbang tiga tim lainnya. Meski begitu, ternyata media Jepang tidak menganggap remeh.

Baca Juga:
Pelatih Kashima Antlers Prediksi Timnas Indonesia U-17 Bisa Berbicara Banyak di Piala Dunia U-17

Bahkan media Jepang menyoroti potensi timnas Indonesia yang bisa jadi kuda hitam di Piala Asia 2023 mendatang. Potensi itu terjadi jika skuad Garuda ketambahan pemain keturunan.

Sebelumnya PSSI tengah mengungkapkan sedang memproses naturalisasi pemain keturunan. Usai kabar itu, enam nama pemain keturunan muncul, yaitu Jay Idzes, Thom Hate, Ragnar Oratmangoen, Ilias Alhaft, Emil Audero, hingga Mees Hilgers.

Nah, dari rumor itu media Jepang beranggapan bahwa timnas Indonesia akan semakin kuat jika nama-nama di atas memang dinaturalisasi.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Tumbang Lawan Kashima Antlers, Bima Sakti Sebut Timnya Sudah Ada Kemajuan

"Semua pemain ini punya darah Indonesia dan PSSI ingin memperkuat timnas Indonesia lewat strategi naturalisasi. Ketika naturalisasi terwujud, ini akan jadi kekuatan besar yang dipimpin Shin Tae-yong,” tulis laporan Football Tribe Japan disadur Minggu (6/8/2023).

"Walau berada di peringkat 150 dalam peringkat FIFA dan menjadi tim paling rendah dalam grup, potensi individu Timnas Indonesia cukup kuat, menjadikan mereka lawan yang tidak boleh dianggap remeh," imbuhnya.

Sementara itu, Piala Asia 2023 sendiri masih akan dimulai tahun depan tepatnya Januari 2023. Qatar menjadi tuan rumah dalam ajang ini menggantikan China yang sebelumnya mundur.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia U-17 Takluk Lawan Kashima Antlers

Load More