Irwan Febri Rialdi
Ahmed Atayev saat berseragam Arema FC. (Instagram/ahmed_atayev)

Bolatimes.com - Ahmet Atayev menjadi sosok yang menarik dibahas jelang duel Timnas Indonesia vs Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023.

Pertemuan kedua tim rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 8 September 2023. Nah, Ahmet Atayev bisa menjadi salah satu pemain Turkmenistan yang bermain.

Jika nantinya Ahmet Atayev benar-benar masuk ke dalam skuad Turkmenistan untuk melawan Timnas Indonesia, artinya ia akan bernostalgia dengan sepak bola Tanah Air.

Kenapa demikian? Pasalnya, ia tercatat pernah bermain di Liga 1 dengan dua tim yang berbeda yaitu Arema FC dan Persela Lamongan.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Ahmet Atayev?

Profil Ahmet Atayev

Sosok bernama lengkap Agmet Didarovich Atayev ini merupakan pesepakbola kelahiran Bagyr, Turkmenistan, pada 19 September 1990.

Dengan tinggi badan mencapai 185 cm, Atayev berposisi sebagai gelandang (tengah dan bertahan). Ia sudah bermain sepak bola sejak berusia 6 tahun di Youth Sport School of Bagyr.

Ia memulai karier profesionalnya di tim Turkmenistan, FC Talyp Sporty pada 2007. Setelah berkarier tiga tahun di sana, Atayev pindah ke Ashgabat, lalu ke HTTU, hingga ke Atlyn Asyr.

Saat berkarier di Turkmenistan, Atayev berlimpah gelar dengan dua kali menjuarai Liga Turkmenistan, dua kali juara Piala Turkmenistan, dan sekali menjuarai Piala Super Turkmenistan.

Pada 2017, saat usianya masih 26 tahun, Ahmet Atayev memutuskan merantau ke Indonesia dengan membela Arema di Liga 1 2017.

Meskipun tak lama setelah hanya satu setengah musim sebelum didepak dan kemudian dipinang Persela Lamongan di musim yang sama. Bersama Arema FC, Atayev total mencatat empat gol dan lima assist untuk klub berjuluk Singo Edan itu sejak musim 2017.

Kini Ahmet Atayev sudah berusia 32 tahun dan memutuskan bermain di negara asalnya bersama klub yang membesarkan namanya, FK Altyn Asyr.

Punya karier cukup cemerlang, Ahmet Atayev juga menjadi andalan Timnas Turkmenistan sejak 2011 hingga sekarang. Total ia mengantongi 29 caps dengan torehan satu gol dan dua assist.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More