Irwan Febri Rialdi
Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. (Dok. Pemkot Solo)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa FIFA telah mempertimbangkan untuk memilih empat stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

Sebelumnya, PSSI mengajukan ada tujuh kota dengan delapan stadion yang direncanakan dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023 yaitu Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Jakarta International Stadium), dan Bandung (Stadion Si Jalak Harupat).

Kemudian, lima kota lainnya ialah Bogor (Stadion Pakansari), Solo (Stadion Manahan), Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo), Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta), dan Palembang (Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring).

Namun, dengan mempertimbangkan risiko dan singkatnya persiapan, Bali dan Palembang pada akhirnya tidak diusulkan PSSI kepada FIFA. Erick mengatakan, hanya ada empat stadion yang nantinya akan digunakan.

“Kita usulkan delapan stadion, terutama enam yang sudah direnovasi untuk U-20, tambah dua. Dari hasil kesepakatan budgeting tadi, ya kita lihat sepertinya dikerucutkan jadi empat stadion,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers yang digelar di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (2/8/2023) malam.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat stadion yang diprediksi akan dipilih FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tampaknya bakal menjadi salah satu venue yang dipilih FIFA. Pasalnya, stadion ini sudah sesuai standar untuk menggelar Piala Dunia U-17.

Tak hanya itu, kapasitas stadion ini juga sangat besar, sehingga dapat menampung animo pendukung Timnas Indonesia U-17 untuk berlaga.

2. Jakarta International Stadium (Jakarta)

Jakarta International Stadium (JIS) juga diprediksi menjadi pilihan FIFA untuk Piala Dunia U-17 2023. Namun, rumputnya memang harus diperbaiki agar sesuai standar.

JIS merupakan salah satu stadion terbaik yang ada di Indonesia saat ini, meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan.

3. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, juga bisa menjadi opsi terbaik. Pasalnya, stadion ini tak digunakan klub manapun, sehingga bisa menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Dengan demikian, penggunaan Stadion Si Jalak Harupat tidak akan mengganggu penyelenggaraan Liga 1 yang bakal berlangsung bersamaan.

4. Stadion Manahan (Solo)

Stadion terakhir yang diprediksi akan dipilih FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023 ialah Stadion Manahan. PSSI telah mengusulkan stadion ini untuk venue semifinal dan final.

Stadion Manahan memang sudah berstandar internasional. Apalagi, ada banyak lapangan latihan pendamping yang sudah disiapkan Kota Bengawan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More