Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
WOnderkid Tottenham Hotspur, Gabriel Han Willhoft-King memiliki darah Indonesia (tbrfootball.com)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menantang pemain Tottenham Hotspur U-18 Gabriel Han Willhoft-King untuk datang ke Indonesia jika berminat Timnas Indonesia.

Namun, kata Erick Thihir, semua itu hanya bisa terjadi andai Han Willhoft-King sendiri yang menunjukkan minat kuat untuk memilih Indonesia dibandingkan Inggris.

Gabriel Han Willhoft-King sebelumnya masuk daftar panggil pemain diaspora untuk menjalani seleksi Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
3 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-17 usai Kalah dari Barcelona Juvenil A

Namun, prosesnya batal dilakukan karena Gabriel Han Willhoft-King ternyata tidak memiliki paspor Indonesia.

Alhasil, Gabriel Han Willhoft-King harus melalui proses naturalisasi terlebih dahulu supaya bisa menjadi bagian dari tim nasional.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Anggota Komite Eksekutif Arya Sinulingga saat konferensi pers di SUGBK, Senayan, Jakarta, Rabu (2/8/2023). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Erick Thohir mengaku tak masalah asalkan ada keinginan kuat dari sang pemain tampil untuk Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:
Alasan Timnas Indonesia U-17 Menggunakan Nama Garuda United di IYC 2023

"Saya kalau memang hatinya merah putih, ya datang ke sini, urusan naturalisasi bisa kita urusin, asal hatinya mau main di sini," kata Erick Thohir saat konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (3/8/2023).

Lebih lanjut, Erick Thohir memastikan sama sekali tidak membeda-bedakan status pemain diaspora dan lokal. Ia menjelaskan semuanya punya kesempatan sama tampil membela Timnas Indonesia U-17.

Erick Thohir menjelaskan hadirnya pemain diaspora akan menambah data base. Alhasil, Timnas Indonesia akan punya banyak pemain-pemain berbakat dari segala penjuru.

Baca Juga:
Erick Thohir Tanggapi Kabar Yunus Nusi yang Rangkap Jabatan di KONI

"Jadi tak ada diskriminasi antara diaspora dan pemain kita, kemarin dari enam (pemain diaspora) sisa dua, sekarang ada yang masuk lagi dua, nah yang saya dengar ada beberapa yang mau trial lagi. Nah kompleksitas ini jangan terjebak seakan jadi rumit," terang Erick Thohir.

"Semakin banyak talent yang terekam, jadi opsi yang banyak, ini yang saya lihat kenapa kesempatan itu harus diberikan, dan kalau masalah individu yang lain saya tak bisa komen," pungkasnya.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah buat menggantikan Peru.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Dilibas Barcelona Juvenil A, Bima Sakti: Pasti Kita Ingin Menang, Tapi...

Load More