Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen. [@manahati55 / Instagram]

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola yang berstatus sebagai prajurit aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus absen bersama klubnya masing-masing lantaran harus berpartisipasi di Piala Panglima.

Sebagai informasi, Piala Panglima merupakan kejuaraan antarmatra TNI yang melibatkan Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL). Para prajurit yang berkarier di dunia profesional pun harus meninggalkan klubnya untuk kejuaraan ini.

Padahal, sebagian besar anggota TNI yang berstatus sebagai pesepak bola profesional merupakan pemain andalan di klubnya masing-masing. Namun, karena Piala Panglima, mereka terpaksa absen di Liga 1.

Baca Juga:
Profil Lionel Sinathrya, Putra Darius Sinathrya yang Bertekad Tembus Timnas Indonesia U-17

Persikabo 1973 tampaknya menjadi klub yang paling merana. Sebab, mereka harus melepas lima pemainnya yang berstatus sebagai anggota TNI di tengah berlangsungnya kompetisi.

Kelima pemain yang dimaksud ialah Syahrul Trisna, Manahati Lestusen, Guntur Tri Aji, Dimas Drajad, dan Andy Setyo.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, hanya bisa pasrah jika dua pemainnya harus absen karena memenuhi panggilan TNI.

Baca Juga:
Tak Mata Duitan, Bomber Timnas Argentina Ogah Pindah Klub Arab Saudi

Dua penggawa Mahesa Jenar yang berstatus sebagai anggota TNI AD, Wawan Febrianto dan Fredyan Wahyu, memang harus absen pada dua laga Liga 1 2023-2024 karena panggilan dinas tersebut.

“Dua pemain kami yakni Ucil (red-Fredyan) dan Wawan tidak bisa tampil dalam dua laga ke depan. Keduanya mendapat panggilan kesatuan untuk Piala Panglima melalui sprint (surat perintah),” ujar Yoyok Sukawi pada Jumat (28/7) di Semarang.

Kami ikhlas melepas mereka dan tidak ada masalah teknis. Apa pun kondisinya pemain PSIS musim ini semua siap dimainkan dengan kualitas setara,” lanjutnya.

Baca Juga:
Anurak Phanram Cs Pulang Kampung usai Thailand Kalah Dramatis di FIVB Challenger Cup 2023

Di kubu Persija Jakarta, ada satu pemain muda yang mendapat panggilan serupa, yakni Sandi Arta Samosir. Dia juga harus absen bersama Macan Kemayoran di kompetisi.

Selain itu, nama-nama pemain lain ialah Erwin Ramdani (RANS Nusantara FC), Frets Butuan (Persib Bandung, Ahmad Nufiandani (Dewa United), Abduh Lestaluhu (PSS Sleman), hingga Tegar Infantrie (Bali United).

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putra Indonesia vs Thailand di SEA V League 2023 Seri 2 Hari Ini

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More