Irwan Febri Rialdi
Ricky Fajrin vs Egy Maulana Vikri. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Bali United berhasil mengalahkan tamunya Dewa United dengan skor 3-1 pada pertandingan pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu sore.

Dengan kemenangan tersebut, Bali United meraih tiga poin dan bertengger di peringkat tiga dengan koleksi sembilan poin pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Gol kemenangan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu dicetak oleh Jefferson Assis melalui tendangan penalti pada menit ke-47, dilengkapi dengan gol Ilija Spasojevic pada menit ke-71 dan Kadek Agung pada menit ke-77.

Sedangkan satu gol Dewa United dicetak oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-29.

Sejak pluit babak pertama ditiup wasit Nendi Rohaendi tepat pukul 16.00 WITA, tim tuan rumah Bali United mulai menekan permainan tim tamu.  Namun, beberapa kali peluang yang tercipta belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh tim tuan rumah.

Salah satunya bola yang digiring oleh penyerang sayap kanan Bali United, Privat Mbarga hanya menggelinding liar di sisi kanan gawang yang dijaga kiper Sonny Ricardo.

Tak mau ketinggalan, tim lawan dengan julukan Prajurit Tangsel itu pun melancarkan tendangan ambisius ke gawang yang dijaga Adilson Maringga.

Mendekati menit ke-29, keberuntungan berpihak kepada Dewa United, setelah gelandang bertahan Ricky Kambuaya menjebol gawang Bali United untuk membuka keunggulan.

Menjelang babak pertama berakhir, anak asuhan pelatih Jan Olde Riekerink itu mengalihkan konsentrasi permainan skuad Serdadu Tridatu.

Beberapa kali peluang gol melalui tendangan umpan misalnya dari Eber Bessa meleset ke daerah kosong.

Begitu juga Eber Bessa kembali melakukan tendangan jauh namun bola berhasil ditepis kiper Sonny Ricardo.

Tambahan waktu dua menit pada babak pertama membuahkan tendangan penalti untuk Bali United, setelah terjadi pelanggaran tepat di depan gawang tim lawan.

Tendangan penalti dari penyerang Serdadu Tridatu, Jefferson Assis akhirnya menyelamatkan skor tim tuan rumah menjadi imbang 1-1 pada menit ke-47 hingga seluruh tim turun minum.

 

Kedua tim tampil saling ngotot memainkan si kulit bundar selepas turun minum.

Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra kemudian mengganti tiga pemain yakni Rahmat, Eber Bessa, Jefferson dan memasukkan Ilija Spasojevic, Irfan Jaya dan Kadek Agung.

Masuknya tiga pemain itu menjadi amunisi segar Bali United untuk menyerang tim lawan.

Terbukti, sepakan kaki Ilija Spasojevic berhasil menjebol gawang Dewa United pada menit ke-71 melalui tendangan tajam di sisi kiri gawang lawan.

Enam menit kemudian tim Serdadu Tridatu berada di atas angin setelah Kadek Agung mencetak gol hingga membuat skor berbalik unggul bagi Bali United, 3-1.

Hingga babak kedua berakhir, Dewa United tak bisa mengejar ketertinggalan hingga papan skor tetap 3-1.

Sempat terjadi insiden keributan kecil antara kedua tim sesaat setelah pluit ditiup tanda berakhirnya pertandingan.

Namun, ketegangan berhasil ditekan sehingga suasana kembali kondusif.

Susunan pemain:

Bali United

Adilson Maringga, Elias Dolah, Sidik Saimima, Eber Bessa, Novri Setiawan, Ricky Fajrin, Privat Mbarga, Kadek Arel, Mohammed Rashid, Rahmat, Jefferson Assis

Pelatih : Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues

Dewa United

Sonny Ricardo, Risto Mitrevski, Egy Maulana, Majed Osman Sobhi, Ricky Kambuaya, Ady Setiawan, Ichsan Kurniawan, Alta Ballah, Alex Martin, Agung Mannan, Ahmad Rusadi.

Pelatih:

Johannes Hendrikus Olde Riekerink.

(Antara)

Load More