Irwan Febri Rialdi | Rully Fauzi
Striker Persikabo 1973, Yandi Sofyan. (Instagram/liga1match)

Bolatimes.com - Penyerang Persikabo 1973 yang berkarier di Liga Belgia dan Australia, Yandi Sofyan, tampil gacor di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Apakah striker 31 tahun itu akan dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia?

Karier Yandi Sofyan kurang mentereng semenjak pulang dari masa abroad-nya pada 2014 setelah sempat membela CS Vise di Belgia dan Brisbane Roar di Australia.

Jebolan SAD Uruguay ini sempat kesulitan mendapatkan tempat saat dikontrak sejumlah klub kasta teratas Liga Indonesia seperti Persib Bandung, Arema FC hingga Bali United.

Baca Juga:
Profil Timnas Voli Jepang, Lawan Terberat Timnas Voli Indonesia di Grup F Asian Games 2023

Kondisinya mulai membaik saat Yandi Sofyan memutuskan hengkang ke Persikabo 1973 untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/2023 lalu.

Saat itu, Yandi Sofyan mencatatkan 26 penampilan dan mengemas 3a gol. Meski lebih banyak menjadi back-up dari bomber utama Persikabo, Dimas Drajad, Yandi Sofyan menunjukan dirinya masih bisa bersaing di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Di Liga 1 musim ini, Yandi Sofyan membuktikan dirinya masih punya taji, bahkan juga mungkin layak dikasih kesempatan untuk mencetak cap alias penampilan perdananya di level internasional bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:
5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AZ Alkmaar, Ada Incaran Shin Tae-yong Tijjani Reijnders

Bersama Persikabo, status cadangan sejatinya masih melekat di Yandi Sofyan. Di pekan perdana Liga 1 musim ini saat Persikabo kalah 1-2 dari RANS Nusantara FC, Yandi Sofyan bahkan tidak dibawa ke dalam skuad.

Kemudian saat Persikabo bermain 0-0 kontra Persija Jakarta di pekan kedua, Yandi Sofyan tampil selama tujuh menit untuk masuk menggantikan Pedro Varela.

Selanjutnya di pekan ketiga, Yandi Sofyan cuma bermain 12 menit ketika Persikabo tumbang 0-1 di tangan PSM Makassar.

Baca Juga:
Meski Ada Jepang, Inilah 3 Alasan Timnas Voli Indonesia Bisa Lolos dari Fase Grup Asian Games 2023

Yandi Sofyan akhirnya menemukan ketajamannya musim ini saat Persikabo menang 3-1 atas Bhayangkara FC pekan lalu. Adik dari eks pemain Timnas Indonesia, Zaenal Arief, itu baru masuk di menit ke-46 untuk menggantikan Rafael Condaro.

Saat Yandi Sofyan masuk, Persikabo tengah tertinggal 0-1 dari Bhayangkara FC. Namun, masuknya sang striker mengubah peruntungan Persikabo.

Persikabo akhirnya menang 3-1 atas Bhayangkara FC, dengan Yandi Sofyan muncul sebagai supersub dengan mencetak dua gol.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Persita Tangerang Curi Satu Poin dari Markas Persikabo 1973

Aksi gemilang di atas membuat Yandi Sofyan untuk pertama kalinya mentas sebagai starter di Liga 1 2023.2024, tepatnya saat Persikabo menjamu Persita Tangerang pada laga pekan kelima, Jumat (28/7/2023) sore tadi.

Kepercayaan itu dibayar tuntas Yandi Sofyan dengan mencetak satu gol, sekaligus membantu Persikabo mengamankan hasil seri 2-2 kontra Persita Tangerang.

Karena itu, menarik menanti apakah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil Yandi Sofyan untuk laga internasional September nanti.

Di saat penyerang-penyerang Timnas Indonesia seperti Dendy Sulistyawan dan Dimas Drajad belum mencetak gol di Liga 1 2023/2024, Yandi Sofyan tampil garang.

Terdekat, Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba kontra Turkmenistan di FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 8 September 2023.

Di bulan yang sama, Timnas Indonesia juga akan melakoni dua leg laga kontra Brunei Darussalam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di putaran pertama.

Load More