Rauhanda Riyantama
KMSK Deinze pajang wajah Marselino Ferdinan. (Instagram/@kmskdeinze)

Bolatimes.com - Melihat catatan mentereng Marselino Ferdinan di usianya yang baru 18 tahun bersama tiga tim, yakni Persebaya Surabaya, KMSK Deinze, dan Timnas Indonesia.

Bagi para pecinta sepak bola Tanah Air, nama Marselino Ferdinan merupakan nama yang amat dikenal sebagai wonderkid atau pemain muda terbaik di Indonesia.

Bagaimana tidak, di usianya yang baru 18 tahun ia mampu mengukir beragam prestasi individu di level klub dan tim nasional.

Baca Juga:
Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Indonesia vs Brunei Darussalam, Singapura vs Guam

Di level klub, Marselino mampu meraih penghargaan pemain muda terbaik Liga 1 2021/2022 lalu saat usianya baru 17 tahun.

Lalu di usia tersebut pula, Marselino mampu menembus Timnas Indonesia senior arahan Shin Tae-yong saat debut melawan Timor Leste pada Januari 2022.

Kepiawaiannya di usia muda juga membuat Marselino dipercaya Shin Tae-yong tak hanya mempercayakannya di Timnas Indonesia senior saja, melainkan juga di tim kelompok umur.

Baca Juga:
Sepak Terjang Kenzo Riedewald, Pemain Keturunan Indonesia yang Cocok Bela Timnas Indonesia U-17

Selain pernah bermain di Timnas Indonesia senior untuk Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino juga diandalkan di Piala AFF 2022, lalu di Timnas U-19, U-20, U-22, hingga U-23.

Kiprahnya di level tim nasional pada usia muda ini membuat klub kasta kedua Belgia, KMSK Deinze kemudian meminangnya pada awal tahun 2023 ini.

Tak disangka sejak kedatangannya itu, Marselino tak kesulitan beradaptasi dan juga berhasil mencuri perhatian serta menjadi andalan.

Baca Juga:
Resmi, Timnas Indonesia akan Hadapi Brunei Darussalam di Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Melihat kiprahnya yang sudah malang melintang di usia muda yang baru 18 tahun, bagaimana dengan catatan yang dimiliki Marselino Ferdinan selama bermain?

Catatan Apik Marselino Ferdinan

Jika melihat data dari Transfermarkt, Marselino Ferdinan tercatat sudah memainkan total 38 pertandingan di level klub dan 38 pertandingan di level tim nasional dari kelompok umur hingga senior.

Baca Juga:
5 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Liga Arab Saudi, Cristiano Ronaldo Disamai Karim Benzema

Di level klub, Marselino telah tampil sebanyak 38 kali dengan rincian 34 pertandingan bersama Persebaya dan 4 pertandingan bersama KMSK Deinze.

Lalu di level tim nasional, Marselino tercatat bermain 14 kali bagi tim senior, 8 kali bagi tim U-20 dan U-23, serta tampil 5 kali bagi tim U-22 dan 3 kali bagi tim U-19.

Dari jumlah penampilan itu, berapa torehan gol dan assist yang mampu dibuat Marselino Ferdinan di level klub dan Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Persebaya Surabaya:

- 34 Pertandingan di Berbagai Ajang
- 7 Gol
- 9 Assist

2. KMSK Deinze:

- 4 Pertandingan di Berbagai Ajang
- 1 Gol
- 0 Assist

3. Timnas Indonesia (Senior) di Berbagai Ajang

- 14 Pertandingan
- 2 Gol
- 1 Assist

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More