Irwan Febri Rialdi
Bojan Hodak jadi pelatih baru Persib Bandung. (persib.id)

Bolatimes.com - Persib Bandung akhirnya mengumumkan secara resmi pelatih asal Kroasia, Bojan Hodak, untuk menjadi pengganti Luis Milla pada lanjutan kompetisi Liga 1 2023-2024. Pelatih ini punya deretan prestasi yang mengagumkan.

Peresmian Bojan Hodak sebagai nakhoda terbaru Persib Bandung ini diumumkan secara resmi oleh manajemen tim Pangeran Biru pada Rabu (26/7/2023) pagi hari WIB.

"Kita sudah menjalin kesepakatan dengan pelatih ini dan hari ini mengumumkannya," kata Deputy CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

Baca Juga:
3 Fakta Menarik Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung yang Sebelumnya Tangani Klub Malaysia

Kehadiran Bojak Hodak diharapkan membawa angin segar bagi Persib Bandung yang belum pernah meraih kemenangan hingga pekan keempat BRI Liga 1 musim ini.

"Kita berharap, bersama pelatih baru ini, PERSIB bisa bangkit untuk memburu target awal kita yaitu posisi 4 Besar," sambung Teddy.

Sebagai informasi, mantan pelatih PSM Makassar ini punya deretan prestasi yang mengagumkan Lalu, bagaimana sebetulnya sepak terjang Bojan Hodak sebelum menangani Persib Bandung? 

Baca Juga:
Minta Rumput JIS Segera Diganti, Begini Penjelasan FIFA

Berikut Bolatimes.com menyajikan ulasannya.

1. Juara Liga Kamboja

Bojan Hodak ternyata pernah meraih satu gelar juara di Liga Kamboja pada musim 2011. Keberhasilan itu diraih setelah mengantarkan Phnom Penh Crown mengangkat trofi Cambodian League 2011. 

Baca Juga:
Statistik Bojan Hodak bersama PSM Makassar, Tak Ada Memori Indah di Liga Indonesia

Namun, kiprahnya bersama klub Kamboja ini tak bertahan lama. Dia memutuskan untuk bergeser ke Malaysia pada tahun yang sama.

2. Juara Bersama Kelantan FC

Bojan Hodak juga pernah bergelimang gelar saat pertama kali menginjakkan kakinya di Malaysia bersama Kelantan FC. Gelar juara pertamanya ialah Malaysian Super League 2012 dan Malaysian Cup 2012.

Baca Juga:
4 Pemain Diaspora Dicoret, Ketum PSSI Tegaskan Timnas Indonesia U-17 Punya Standar

Selain itu, Kelantan juga berhasil meraih Piala FA Malaysia pada 2012 dan 2013. Setelah itu, dia diangkut klub raksasa Negeri Jiran, Johor Darul Takzim (JDT).

3. Gelar untuk Johor Darul Takzim

Bersama Johor Darul Takzim, pelatih yang kini berusia 52 tahun itu juga sukses meraih banyak gelar. Beberapa di antaranya yakni Liga Super Malaysia 2014, Malaysia Charity Shield 2015, dan runner-up Piala Malaysia 2014.

4. Prestasi Bersama Timnas Malaysia U-19

Setelah itu, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memberikan kepercayaan kepada Hodak untuk menangani Timnas Malaysia U-18. Pada kiprah pertamanya, Bojan Hodak sukses meraih runner-up Piala AFF U-18 2017.

Setahun berselang, Timnas Malaysia U-19 berhasil diantarkan untuk menjuarai Piala AFF U-19 2018. 

5. Kuala Lumpur City FC

Sebelum menangani Persib Bandung, Bojan Hodak pernah membantu Kuala Lumpur City FC meraih prestasi impresif, yakni menjuarai Piala Malaysia 2021, lalu melaju hingga partai final Piala AFC 2022. Sayangnya, KL City FC gagal juara di kejuaraan tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More