Husna Rahmayunita
Penampakan Jakarta International Stadium (JIS) yang pembangunannya sudah mencapai 98 persen. (Suara.com/Fakhri)

Bolatimes.com - FIFA memberikan sejumlah catatan soal Jakarta International Stadium (JIS) yang dicalonkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023. Salah yang paling disorot adalah rumput.

Menurut FIFA, rumput JIS harus diganti dan diperbaiki bila ingin menggelar Piala Dunia U-17. Lantas apa alasannya?

Manajer Lapangan Senior FIFA, Alan Ferguso dalam surat yang dikirimkan ke PSSI menyoroti penggunaan rumput hybrid di JIS. Secara detail, ia mengungkapkan perbaikan yang perlu dilakukan.

Baca Juga:
Statistik Bojan Hodak bersama PSM Makassar, Tak Ada Memori Indah di Liga Indonesia

Mengutip laman PSSI, mengacu pada hasil penilaian awal manajemen lapangan, FIFA mencatat saat ini, permukaan lapangan JIS menggunakan sistem tipe karpet dengan pengisi 60 mm di bagian atas. Bagian tersebut biasanya terbuat dari bahan jenis organik.

FIFA mengemukakan kesulitan yang akan timbul jika mempertahankan sistem seperti itu. Kesulitannya adalah efektivitas akar yang sulit mencapai bagian alas karpet karena terhalang jarak 5 cm, antara zona akar atas dan zona akar bawah yang membuat pertumbuhan akar menjadi tidak efektif.

Lapangan dengan jenis karpet seperti ini juga akan mempersulit proses perawatan dengan mekanisme tertentu. Hal ini telah menjadi masalah yang umum dengan beberapa jenis karpet yang tersedia di pasaran.

Baca Juga:
4 Pemain Diaspora Dicoret, Ketum PSSI Tegaskan Timnas Indonesia U-17 Punya Standar

"Saya mengusulkan perubahan ini harus dilakukan secepat mungkin untuk mendapatkan pertumbuhan rumput yang maksimal menjelang turnamen diselenggarakan," pesan Alan.

Ketum PSSI Erick Thohir pun menerangkan bila pihak FIFA akan melakukan inspeksi langsung ke JIS dan sejumlah stadion lain yang didaftarkan untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannyA,"

Baca Juga:
Cetak Brace, Lionel Messi Buat Inter Miami Full Senyum Lagi

"Terkait hal tersebut, kami akan follow up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17," kata dia.

Load More