Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat dijumpai awak media di Jakarta, Rabu (5/7/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa empat pemain diaspora telah dicoret dari Timnas Indonesia U-17. Ini artinya, dari enam nama, hanya dua yang tersisa.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 sedang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Oleh sebab itu, tim ini sedang dicari-cari komposisi Timnas Indonesia U-17 terbaiknya.

Baca Juga:
Cetak Brace, Lionel Messi Buat Inter Miami Full Senyum Lagi

Saat ini ada Training Camp (TC) dengan format promosi-degradasi yang dilakukan Timnas Indonesia U-17 di Jakarta sampai 28 Agustus mendatang.

Di luar itu, ada seleksi yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

Pemain-pemain diaspora pun turut dijajal kemampuannya oleh Pelatih Bima Sakti. Dari enam yang dicoba di tahap awal, cuma dua yang masih dipertahankan.

Baca Juga:
Profil Timnas Wanita Filipina, Cetak Sejarah Raih Kemenangan Perdana di Piala Dunia Wanita 2023

Dia adalah Aaron Suthela yang diketahui merumput bersama klub Australia Bulleen Lions FC. Satu lagi adalah Welber Jardim yang masih di Brasil karena berkompetisi dengan Sao Paulo.

Meski sudah lolos, kedua pemain tersebut masih belum aman. Tes-tes terus dilakukan sampai menemukan komposisi terbaik Timnas Indonesia U-17.

"Tentu pemain diaspora, pemain Indonesia harus punya standar yang sesuai yang kita inginkan, dan itu ujungnya keputusan pelatih," kata Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga:
Usai Pamer Promosi ke Tim Utama Wolves, Justin Hubner Cuma Jadi Penonton

Tentu kalau nama detail silahkan tanya coach Bima, dari enam, ada dua yang dipertahankan, mereka adalah dari Australia, Aaron Suthela, satu dari Belanda kalau tidak salah,” sambungnya.

Erick mengatakan ada pemain diaspora lainnya mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17. Dua nama yang sudah diketahui adalah Igor Arungbumi Sanders (Jong PSV Eindhoven) dan Gabriel Han Willhoft-King (Tottenham Hotspur U-18).

“Terus kita akan panggil lagi yang diasporanya, tetapi bukan berarti kita menomorduakan pemain Indonesia,” jelas lelaki mantan presiden Inter Milan tersebut.

Baca Juga:
Pemain Persita Tangerang Blak-blakan Ingin Bela Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Tertarik?

“Kemarin dari hasil seleksi sudah ada yang masuk juga, termasuk hasil seleksi daerah, tanggal 29 (Juli 2023) nanti seleksi di Manado dan ini kita harapkan siapa pun yang terbaik kita beri kesempatan,” pungkasnya.

Load More