Rauhanda Riyantama
Pemain anyar Persija Jakarta, Oliver Saludares Bias. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Asia Tenggara atau ASEAN yang pernah berseragam Persija Jakarta, di mana terbaru ada nama Oliver Bias asal Filipina.

Persija Jakarta memanfaatkan slot pemain asing ASEAN-nya di Liga 1 2023/2024 ini dengan mendatangkan pemain asal Filipina, Oliver Bias.

Pemain berusia 22 tahun itu didatangkan dengan status pinjaman dari klub kasta kedua Republik Ceko, yakni FK Pribram.

Baca Juga:
Sulit Dicari, Siapa Bek Tengah Berkaki Kidal yang Cocok Perkuat Timnas Indonesia U-17?

Kedatangannya ini membuat eks penggawa RB Leipzig itu menjadi pemain Filipina pertama yang bermain bagi Persija.

Sebelum dirinya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu terbilang jarang mendatangkan pemain asing ASEAN, terutama saat kompetisi masih bernama Indonesia Super League (ISL).

Tercatat dalam sejarahnya, Persija hanya mendatangkan empat pemain asing ASEAN sebelum Oliver Bias bergabung di musim 2023/2024 ini.

Baca Juga:
Japan Open 2023: Tuan Rumah Terlalu Perkasa, Praveen/Melati Tumbang di Babak Pertama

Uniknya, empat pemain ASEAN yang pernah membela Persija Jakarta itu adalah para pemain asing yang berpaspor Singapura. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Mustafic Fahrudin

Pada tahun 200 lalu, Persija pernah mendatangkan pemain ASEAN asal Singapura bernama Mustafic Fahruddin dari Tampines Rovers.

Baca Juga:
Rincian Gaji Mewah Kylian Mbappe dari Al Hilal: Upah Sejam Sudah Dapat Dua Mobil Fortuner GR Sport Varian Termahal

Tercatat, pemain yang telah pensiun pada 2019 lalu itu hanya setahun berseragam Macan Kemayoran. Setelahnya pada 2010, ia bergabung klub Indonesia lainya, Persela Lamongan.

2. Baihakki Khaizan

Di tahun yang sama yakni pada 2009, Persija juga memboyong pemain asing asal Singapura yakni Baihakki Khaizan dari Geylang United.

Baca Juga:
Tokyo Verdy Jumpa Tim Papan Bawah, Pratama Arhan akan Diberi Kesempatan Bermain?

Pemain yang berposisi bek ini juga tak bertahan lama yakni sampai 2010, sebelum menyeberang ke  Persib Bandung dan sempat bermain di Liga Primer Indonesia bersama Medan Chiefs.

3. Agu Casmir

Pada 2010, Persija juga mendatangkan penyerang asing berpaspor Singapura, yakni Agu Casmir. Ia tak bertahan lama di klub berjuluk Macan Kemayoran itu.

Tercatat, Agu Casmir datang pada Oktober 2010 dan kemudian dilepas pada pada 2011 ke klub Singapura yakni LionsXII.

4. Precious Emuejeraye

Tak hanya Mustafic dan Baihakki, Persija juga mendatangkan bek berpaspor Singapura lainnya yakni Precious Emuejeraye pada 2010.

Uniknya, Precious Emuejeraye didatangkan dari Sriwijaya FC. Ia bermain selama dua tahun bagi Macan Kemayoran sebelum bergabung Persiba Balikpapan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More