Rauhanda Riyantama
Frank Wormuth. (Instagram/@fcgroningen)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain didikan Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17, Frank Wormuth, yang sukses menjadi pesepak bola top di kancah sepak bola.

Belum lama ini, PSSI mengumumkan nama Frank Wormuth sebagai Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Pria berusia 62 tahun itu mendapat kontrak jangka pendek untuk menduduki jabatan itu, yakni selama empat bulan hingga Timnas Indonesia U-17 berlaga di ajang tersebut.

Baca Juga:
Promosi ke Tim Senior Wolves, Justin Hubner Dilatih Mantan Pelatih Real Madrid dan Timnas Spanyol

“Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17,” tutur Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Dalam empat bulan masa jabatannya itu, Frank Wormuth akan ditugaskan untuk membangun tim untuk Timnas Indonesia U-17 berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Posisi yang diberikan ke Frank Wormuth ini pun seakan menegaskan kapasitasnya sebagai salah satu pelatih jempolan di kancah sepak bola.

Baca Juga:
3 Alasan Dewa United Tampil Menggila di Awal BRI Liga 1 2023/2024, Kini Puncaki Klasemen

Dalam sepak terjangnya, Frank Wormuth memang banyak berkarier di dunia kepelatihan, salah satunya adalah menukangi Jerman U-20 selama satu dekade.

Dari tangannya sebagai pelatih itu, Frank Wormuth banyak menciptakan pesepak bola top dunia. Siapa saja pemain yang pernah dididik oleh Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17 itu? Berikut daftarnya.

1. Antonio Rudiger

Baca Juga:
Negara yang Bisa Bikin STY Pusing Andai Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Antonio Rudiger menjadi salah satu pemain didikan Frank Wormuth di Jerman U-20 yang kini menjadi salah satu bek terbaik di dunia.

Rudiger diberikan tempat di Jerman U-20 pada 2012 lalu, sebelum akhirnya naik kelas, dan sempat menjadi andalan Chelsea hingga kini bermain di Real Madrid.

2. Julian Brandt

Baca Juga:
Sejarah Pertemuan Turkmenistan Lawan Negara ASEAN: Dua Kali Dikalahkan Timnas Indonesia

Bagi penikmat Liga Jerman atau Bundesliga, nama Julian Brandt menjadi salah satu nama besar yang punya kualitas mumpuni, terutama saat ia membela Borussia Dortmund.

Siapa sangka, Brandt merupakan didikan dari Frank Wortmuth di Jerman U-20. Total enam penampilan dibuatnya, sebelumnya akhirnya naik kelas dan berhasil menembus tim senior.

3. Loris Karius

Nama Loris Karius tentu tak asing lagi sebagai kiper yang pernah membuat blunder konyol. Tapi sebelum itu, ia punya status sebagai salah satu kiper masa depan Jerman.

Status itu didapat bersama Frank Wormuth, saat Karius membela Timnas Jerman U-20 pada 2012, seangkatan dengan Rudiger.

4. Niklas Sule

Pecinta Bundesliga tentu tak asing pula dengan nama Niklas Sule. Ia menjadi salah satu pemain yang bermain bagi dua tim besar yakni Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Sule dibina oleh Frank Wormuth di Jerman U-20 pada 2014 lalu. Sejak saat itu, kiprahnya menanjak dan dirinya mampu membela tim senior di kancah Euro maupun Piala Dunia.

5. Shkodran Mustafi

Saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 lalu, nama Shkodran Mustafi disebut-sebut sebagai salah satu pemain paling berjasa bagi kesuksesan Der Panzer.

Kehebatan Mustafi sebagai bek hingga Jerman merengkuh juara Piala Dunia tak lepas dari peran Frank Wormuth yang membinanya di tim U-20.

Load More