Husna Rahmayunita
Umpan kalajengking Andritany Ardhiyasa di BRI Liga 1. (bidikan layar)

Bolatimes.com - Aksi penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, saat melakukan umpan kalajengking pada laga melawan Persita Tangerang di lanjutab BRI Liga 1 viral di media sosial hingga menuai sorotan media asing.

Umpan berbau atraksi yang dilakukan Andritany Ardhiyasa tersebut terjadi pada duel antara Persita Tangerang kontra Persija Jakarta pada pekan keempat BRI Liga 1 2023-2024 di Indomilk Arena, Tangerang, pada Sabtu (22/7/2023).

Umpan kalajengking ini awalnya terjadi ketika bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela, melakukan back pass karena mendapatkan pengawalan yang ketat dari penyerang asing Persita, Ramiro Fergonzi.

Baca Juga:
Daftar Peraih Penghargaan SEA V League 2023 Putaran I, Pevoli Indonesia Borong Gelar

Salah satu opsi yang bisa dituju Kudela ialah Andritany. Namun, Kudela justru memberikan operan yang melambung kepada Andritany. Beruntung, kiper berusia 31 tahun ini bisa mengontrol bola dengan dada.

Kontrol ini memang membuat bola bisa dikuasai Andritany yang tak diperbolehkan memegang bola karena umpan back pass. Setelah itu, pemain yang akrab dengan panggilan Bagol ini harus mengantisipasi tekanan dari Fergonzi.

Baca Juga:
Profil Jhonattan Gillies Limbu, Pemain Muda Indonesia yang Perkuat Klub Hong Kong

Secara tak terduga, Andritany langsung mengoper ketika bola masih berada di udara. Untiknya, mantan kiper Timnas Indonesia ini menendang bola sembari membelakangi bola tersebut menggunakan tumitnya.

Bola operan Andritany dengan tumit kaki ini seperti mengingatkan publik terhadap aksi tendangan kalajengking milik Rene Higuita yang sangat populer di dunia sepak bola.

Berkat aksinya tersebut, video yang merekam aksi Andritany Ardhiyasa ini menjadi viral di media sosial. Beberapa akun turut mengunggah aksi mengejutkan yang dilakukan oleh kiper Persija Jakarta tersebut.

Baca Juga:
Momen Marselino Ferdinan Bikin Assist Cantik, Dapat Dua Jempol dari Pemain KMSK Deinze

Bahkan, salah satu media sepak bola asal Amerika Serikat, Bleacher Report alias BR, turut memberikan sorotan terhadap aksi tersebut.

"Kontrol dan operan dari seorang kiper," imbuh @brfootball disertai emotikon wajah kaget dengan kepala meledak.

Kontan saja aksi Andritany yang jadi sorotan media asing disambut komentar beragam dari warganet.  Berbagai komentar menghibur dituliskan.

Baca Juga:
Moncer di Malaysia, 3 Alasan Natanael Siringoringo Layak Perkuat Timnas Indonesia

"Keren, Ada Indonesia coy!," celetuk @por**8.

"Ayo keluarkan jurusmu @AndreyOnana," kata @Rap***.

"@Chelse: ayo kontrak dia," sahut @Mitrs***.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More