Husna Rahmayunita
Pelatih Shin Tae-yong saat memimpin pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, jelang FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina. [PSSI]

Bolatimes.com - Setelah rampung laga FIFA Matchday Juni lalu, Shin Tae-yong sudah dihadapkan dengan agenda padat yang menanti di depan.

Seperti diketahui, kini Shin Tae-yong diberikan tugas oleh PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia dan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Menilik waktu tersisa, Shin Tae-yong cuma punya waktu efektif sekitar dua bulan kurang untuk mempersiapkan skuad Timnas Indonesia sekaligus Timnas U-23.

Baca Juga:
FIFA Matchday September 2023: Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Malaysia Lobi Langganan Juara Piala Afrika

1. 8 September 2023

Agenda pertama yang bakal dihadapi Shin Tae-yong adalah FIFA Matchday September 2023. Menurut kalender FIFA, agenda ini berlangsung dari 4-12 September.

Nah, PSSI sendiri sudah mengumumkan bahwa Turkmenistan yang akan menjadi lawan skuad Garuda di FIFA Matchday mendatang.

Baca Juga:
Profil Levy Madinda, Pemain Asing Terbaru Persib Bandung Rekan Aubameyang di Timnas Gabon

Pertemuan kedua tim rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, venue yang juga digunakan saat melawan Palestina Juni lalu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023) menyebutkan untuk FIFA Matchday September nanti Timnas Indonesia senior akan bertanding satu kali saja.

Pasalnya, ada event lain yang melibatkan Timnas Indonesia U-23. Ini agar tidak bertabrakan pemakaian pemain dengan timnas senior.

Baca Juga:
Netizen Malaysia Nyinyir, Timnas Indonesia Tantang Tim yang Pernah Dikalahkan Harimau Malaya

2. 9 dan 12 September

Apa yang disampaikan oleh Erick Thohir memang benar adanya. Shin Tae-yong sudah harus mengalihkan fokusnya setelah laga FIFA Matchday untuk agenda lain.

Adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang bakal menjadi tugas berat pelatih asal Korea Selatan itu selanjutnya. 

Baca Juga:
Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Malaysia Isyaratkan Lawan Negara dengan Ranking Lebih Tinggi

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan. Keuntungan buat Shin Tae-yong, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Grup K sehingga semua laga berlangsung di Tanah Air.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More