Husna Rahmayunita
Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan di laga Timnas Indonesia vs Kamboja. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Timnas Indonesia diprediksi tidak akan dibawa oleh Shin Tae-yong untuk menghadapi Turkmenistan di laga FIFA Matchday September 2023.

Kondisi ini berpotensi terjadi karena Shin Tae-yong dihadapkan pada dua agenda yang berdekatan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Indonesia U-23.

Seperti yang diketahui, kini Shin Tae-yong diberikan tugas oleh PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia dan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Masalahnya, duel Timnas Indonesia vs Turkmenistan di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 8 September, hanya berjarak satu hari sebelum laga pertama Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup K akan menghadapi Taiwan pada 9 September dan Turkmenistan pada 12 September.

Menilik skala prioritas, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bakal menjadi pertimbangan lebih besar. Oleh karena itu, sejumlah pemain muda di Timnas U-23 berpotensi tak akan dibawa untuk melawan Turkmenistan.

Untuk masalah izin, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 berlangsung saat Jeda Internasional sehingga para pemain pasti bisa dilepas oleh klub masing-masing.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong besar kemungkinan bakal memanfaatkan situasi ini untuk memanggil pemain-pemain muda terbaik ke skuad Timnas U-23.

Siapa saja pemain yang berpotensi tak dipanggil melawan Turkmenistan?

1. Ernando Ari, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan

Ketiga pemain ini merupakan andalan Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia. Namun untuk posisi Ernando Ari Sutaryadi, Shin masih punya banyak stok penjaga gawang.

Pun dengan stok lini belakang, Shin Tae-yong tidak kekurangan sosok bek tangguh untuk menggantikan Elkan Baggott dan Rizky Ridho.

Masih ada Jordi Amat, Fachrudin Aryanto yang memang selalu jadi andalan. Begitu juga dengan bek-bek lain seperti Hansamu Yama atau Andy Setyo.

Sementara buat posisi Pratama Arhan, masih ada Edo Febriansah yang kini mulai dipercaya juga oleh Shin Tae-yong.

2. Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ivar Jenner

Untuk para pemain yang berposisi di lini tengah ini, Shin Tae-yong juga punya cukup banyak stok. Sosok senior seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, hingga Rachmat Irianto masih bisa diandalkan.

3. Rafael Struick

Rafael Struick memang sedang mencuri perhatian karena mampu tampil impresif bersama Timnas Indonesia. Namun, ia bisa menjadi andalan Shin Tae-yong untuk lini depan Timnas Indonesia U-23.

Untuk menggantikan posisinya, masih ada pemain-pemain senior seperti Stefano Lilipaly dan Dendy Sulistyawan yang bisa diandalkan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More