Husna Rahmayunita
Timnas Turkmenistan. (Facebook/Turkmenistan National Football)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan melawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday September 2023 yang rencananya bakal berlangsung 8 September mendatang.

Pertemuan kedua tim rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, venue yang juga digunakan saat melawan Palestina Juni lalu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023) menyebutkan untuk FIFA Matchday September nanti Timnas Indonesia senior akan bertanding satu kali saja.

Pasalnya, ada event lain yang melibatkan Timnas Indonesia U-23. Ini agar tidak bertabrakan pemakaian pemain dengan timnas senior.

Lantas seperti apa kekuatan Turkmenistan?

Di atas kertas, Timnas Indonesia kalah dari segi peringkat FIFA. Saat ini Timnas Turkmenistan menduduki peringkat ke-138 dunia, sedangkan Indonesia ada di posisi ke-150.

Kedua tim sama-sama mengalami penurunan peringkat usai melakoni FIFA Matchday Juni lalu. 

Meski kalah dari segi peringkat, Timnas Indonesia punya rekor bagus saat menghadapi negara dari Asia Tengah tersebut.

Berdasarkan data yang disajikan oleh 11vs11.com, kedua tim telah bertemu sebanyak empat kali dan Indonesia mampu meraih kemenangan sebanyak dua kali, kalah sekali, dan imbang sekali.

Semua pertemuan Indonesia dengan Turkmenistan terjadi di Kualifikasi Piala Dunia. Pertemuan terakhir terjadi pada 28 Juli 2011 di mana Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor 4-3.

Dari segi kekuatan, Turkmenistan tidak superior dibandingkan Indonesia. Bahkan, mereka gagal meloloskan diri ke putaran final Piala Asia 2023.

Rapor Turkmenistan pada 2023 juga tidak bagus. Dari empat pertandingan, mereka sama sekali tidak meraih kemenangan.

Turkmenistan menelan kekalahan dari Malaysia, ditahan imbang Tajikistan, lalu kalah beruntun dari Uzbekistan dan Oman di CAFA Nations Cup 2023.

Rapor merah Turkmenistan ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan. Terlebih, Timnas Indonesia punya rekor bagus saat bermain di kandang selama ditangani Shin Tae-yong.

Load More