Irwan Febri Rialdi
Pemain anyar Persija Jakarta, Oliver Saludares Bias. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Teka-teki soal nama pemain asing terbaru yang akan bergabung dengan Persija Jakarta akhirnya terungkap. Yang terbaru, Macan Kemayoran mengumumkan Oliver Bias sebagai rekrutan barunya.

Oliver Bias yang pernah memperkuat Timnas Jerman U-17 ini bakal mengisi slot pemain Asia Tenggara di Persija Jakarta. Sebab, pemain yang berposisi sebagai winger ini sudah memiliki paspor Filipina 

Kedatangan Bias disambut hangat pelatih asal Jerman Thomas Doll. Meski sebelumnya tidak mengenal sang pemain namun ia kemudian meyakini bahwa Bias adalah sosok yang tepat untuk mengangkat kualitas Macan Kemayoran.

Baca Juga:
Bukan Asnawi Mangkualam, Pelatih Jeonnam Dragons Terang-terangan Puji Pemain Ini

"Oliver Bias pernah bermain untuk tim muda RB Leipzig. Jadi saya sempat menanyakan ke beberapa orang di sana dan saya banyak mendapatkan hal positif tentang dia," kata Pelatih Thomas melalui keterangan tertulis yang diterima pewarta.

"Dia adalah pemain yang memiliki kecepatan. Dia adalah tipe pemain yang suka duel satu lawan satu. Menurut saya, Oliver memiliki kualitas yang dibutuhkan tim ini," juru taktik asal Jerman itu menambahkan.

Profil Oliver Bias

Baca Juga:
Tak Lolos Seleksi, Pemain Ini Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia U-17

Oliver Bias merupakan salah satu pemain muda yang saat ini sangat diandalkan oleh Timnas Filipina. Dia baru tercatat lahir pada 15 Juni 2001. Artinya, usianya saat ini baru menginjak 22 tahun.

Pemain bernama lengkap Oliver Saludares Bias ini tercatat lahir di Johanngeorgenstadt, Jerman. Dia pun menghabiskan masa mudanya di negara tersebut, termasuk ketika mengawali perjalanan di dunia sepak bola.

Saat masih muda, Bias sempat berlatih bersama Erzgebirge Aue hingga tahun 2015 sebelum akhirnya direkrut oleh RB Leipzig pada tahun yang sama. Awalnya, Bias masih bermain di level junior.

Baca Juga:
Masih di Brasil, Kapan Welber Jardim Gabung Seleksi Timnas Indonesia U-17?

Setelah itu, dia baru mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama pada tahun 2018. Debutnya tercipta ketika menjadi menggantikan Ibrahima Konate pada menit ke-64 pada ajang Liga Eropa.

Bias lalu meninggalkan RB Leipzig untuk bergabung dengan Optik Rathenow (2020), kemudian bergeser ke Slovakia untuk memperkuat Nitra (2021), hingga akhirnya mendarat di Filipina bersama Azkals Development Team (2021-2023).

Yang terbaru, dia sempat menjalani masa pinjaman bersama klub kasta tertinggi Liga Thailand, Chiangmai United selama musim 2022-2023, hingga akhirnya direkrut Persija Jakarta.

Baca Juga:
Cetak Brace, Pemain Keturunan Jawa Bawa Chelsea Menang 5-0 atas Wrexham AFC

Di level tim nasional, Bias sudah pernah bermain untuk Timnas Jerman U-15, U-16, hingga U-17. Setelah itu, dia memperkuat Filipina karena punya darah campuran. Ayahnya memang berasal dari Jerman, sedangkan ibunya warga Filipina.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More