Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Ilustrasi wasit saat menggunakan VAR. (Twitter/@UEFA).

Bolatimes.com - FIFA memberi restu satu negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Bukan Indonesia, melainkan Vietnam.

Dilansir dari laman resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Kamis (20/7/2023), FIFA diklaim telah menyetujui penggunaan VAR dalam kompetisi sepak bola Vietnam.

Sebagai permulaan, FIFA memberikan lampu hijau VFF mengimplementasikan teknologi VAR dalam pertandingan di kasta tertinggi Liga Vietnam alias V League 2023.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023/24 Pekan Keempat: PSM Makassar vs Persib Bandung, Persita Tangerang vs Persija Jakarta

Meski telah diberikan persetujuan, FIFA untuk sementara masih membatasi jumlah laga V League 2023 yang diterapkan VAR. VFF sementara cuma bisa memilih 3-5 pertandingan.

"Setelah disetujui oleh FIFA untuk mengizinkan penggunaan teknologi VAR pada pertandingan sesuai dengan standar Arbitrase VAR FIFA," tulis VFF dalam sebuah artikel di laman resminya.

Ilustrasi VAR. [John THYS / AFP]

"VPF (Vietnam Profesional Football) [selaku operator kompetisi] terus mengambil langkah selanjutnya untuk dapat segera menerapkan teknologi VAR langsung dalam beberapa pertandingan musim 2023."

Baca Juga:
Elkan Baggott Cuma Main 7 Menit saat Ipswich Town Kalahkan Preston North End 2-1

VFF menjelaskan bahwa pembatasan jumlah laga dalam penerapan VAR dilakukan sebagai upaya untuk membiasakan wasit-wasit dalam menggunakan teknologi ini.

"Agar wasit dapat mengejar teknologi VAR secara bertahap, berdasarkan rekomendasi dari FIFA, pada tahap awal, VPF akan memilih sekitar 3 hingga 5 pertandingan di V League 2023 untuk menerapkan VAR," demikian VFF.

Disetujuinya VFF menerapkan VAR pada divisi teratas Liga Vietnam menjadi pukulan telak bagi sepak bola Indonesia yang tengah berupaya mengejar ketertinggalan.

Baca Juga:
Brylian Aldama Sedih Dirundung hingga Bawa-bawa Almarhum Ibu, Aji Santoso Buka Suara

Sebagai informasi, PSSI juga tengah berencana untuk menerapkan VAR di kompetisi sepak bola Tanah Air. Teknologi itu diharapkan sudah bisa diterapkan pada paruh kedua BRI Liga 1 2023-2024.

PSSI telah menjalankan berbagai persiapan untuk bisa menerapkan VAR, termasuk menggelar pelatihan VAR kepada para wasit pada 18-20 Juli 2023.

Baca Juga:
Kode Luis Milla Tangani Bali United Makin Kuat, Di-spill oleh Akun Tenis

Load More