Rauhanda Riyantama
Kenshiro Daniels gabung RANS Nusantara FC. (Instagram/kenshirodaniels)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain asing asal Asia Tenggara atau ASEAN yang dirasa belum tampil maksimal sepanjang tiga pekan awal BRI Liga 1 2023/2024.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 2023/2024 kali ini menerapkan aturan 5+1 atau penggunaan enam pemain asing bagi klub-klub kontestan.

Dari enam penggawa asing yang boleh didatangkan itu, salah satu pemainnya haruslah pemain asing asal Asia Tenggara atau ASEAN.

Baca Juga:
Hijrah ke Liga China, Matheus Pato Resmi Tinggalkan Borneo FC

Alhasil sejak aturan itu diperkenalkan, hampir seluruh kontestan Liga 1 2023/2024 berbondong-bondong mendatangkan pemain asing ASEAN.

Para pemain asal Filipina menjadi primadona bagi seluruh tim-tim Liga 1. Selain itu, ada pula pemain-pemain asal Myanmar bahkan Timor Leste yang didatangkan.

Dari banyaknya pemain asing ASEAN yang diboyong, nyatanya tak semua pemain asing tersebut bisa memberi dampak bagi timnya.

Baca Juga:
Profil Igor Arungbumi Sanders, Pemain Diaspora Berpaspor Indonesia yang Bisa Jadi Opsi di Piala Dunia U-17

Entah performanya yang dianggap setara pemain lokal atau karena keputusan pelatih, sederet pemain asing ASEAN ini dianggap belum tampil maksimal.

Berikut deretan pemain asing ASEAN yang dirasa belum tampil maksimal bagi timnya sepanjang tiga pekan awal Liga 1 2023/2024 ini.

1. Kike Linares (PSM Makassar)

Baca Juga:
5 Pemain Muda yang Putuskan Hijrah ke Liga Arab Saudi, Salah Satunya Ruben Neves

Juara bertahan Liga 1, PSM Makassar, mendatangkan pemain asing ASEAN pada diri Kike Linares usai dirinya berpisah dengan Lamphun Warriors.

Sejak didatangkan, Linares sempat menjadi andalan di Playoff Kualifikasi Liga Champions Asia 2023 kala berhadapan dengan Bali United dalam dua leg.

Tapi setelah itu, pemain berpaspor Filipina ini justu kerap dicadangkan oleh Bernardo Tavares dan hampir tak pernah diturunkan di Liga 1 2023/2024 dalam tiga pekan awal.

Baca Juga:
Profil Sabah FK, Klub Liga Azerbaijan yang Kabarnya Tertarik Datangkan Sandy Walsh

2. Kainoa Bailey (Persikabo 1973)

Gerbong pemain asing ASEAN asal Filipina berlanjut pada diri Kainoa Bailey yang didatangkan Persikabo 1973 dari Stallion FC.

Sejak kedatangannya, pemain yang berposisi sebagai winger ini diharapkan bisa membawa Laskar Padjajaran bertarung di posisi atas.

Nahas di tiga pekan awal, Kainoa Bailey justru baru bermain sebanyak sekali saja bagi Persikabo 1973 yakni di pekan ketiga melawan PSM Makassar selama 60 menit.

3. Jacob Mahler (Madura United)

Madura United tak mau ketinggalan dengan memboyong gerbang ASEAN dari Singapura yakni Jacob Mahler yang berposisi sebagai bek tengah.

Di Liga 1 2023/2024 ini, Jacob Mahler sempat menjadi dengan tampil sebanyak dua kali dengan total penampilan selama 139 menit.

Nahasnya dalam dua penampilan itu, Madura United tak pernah menang. Saat ia tak diturunkan di pekan kedua melawan Persik Kediri, Laskar Sape Kerrab justru bisa mendulang poin penuh.

4. Kenshiro Daniels (RANS Nusantara FC)

Kenshiro Daniels menjadi salah satu pemain yang paling ditunggu-tunggu permainannya, usai tampil gacor bagi Filipina pada Piala AFF 2020 lalu.

Tapi nahasnya ia belum bisa mencatatkan debutnya di Liga 1 2023/2024 bagi RANS Nusantara di tiga pekan awal ini.

Pasalnya, Kenshiro Daniels masih dibekap dengan cedera. Belum diketahui kapan dirinya baru bisa debut dan terjung membela tim berjuluk The Prestige Phoenix itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More