Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Instagram/@lingkar.sepakbola)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih asal Korea Selatan yang bisa menggantikan posisi Luis Milla usai mundur dari jabatannya sebagai juru taktik klub Liga 1, Persib Bandung.

Pekan ketiga Liga 1 2023/2024 menghadirkan kejutan kala pelatih asal Spanyol, Luis Milla, memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persib.

Keputusan itu diambil setelah tim berjuluk Maung Bandung itu ditahan imbang oleh Dewa United di pekan ketiga Liga 1 2023/2024, Jumat (14/7).

Baca Juga:
Hijrah ke Liga China, Matheus Pato Resmi Tinggalkan Borneo FC

Usai laga yang berkesudahan dengan skor 2-2 itu, eks pelatih Timnas Spanyol U-21 itu memutuskan hengkang dari klub asal Bandung tersebut.

Adapun dilansir dari laman resmi Persib, keputusan Luis Milla berpisah karena faktor pribadi yang harus membuatnya kembali ke Spanyol.

Karena tak ingin masalah pribadinya ini membawa kesulitan bagi Persib, juru latih berusia 57 tahun itu memutuskan berpisah.

Baca Juga:
5 Pemain Muda yang Putuskan Hijrah ke Liga Arab Saudi, Salah Satunya Ruben Neves

Mundurnya Luis Milla pun diikuti oleh tiga asistennya, yang membuat Persib sementara menunjuk Yaya Sunarya sebagai Caretaker.

Dengan masih panjangnya kompetisi Liga 1 2023/2024, maka Persib pun kini tengah mencari pelatih baru sebagai pengganti Luis Milla.

Dari banyaknya pelatih yang tersedia, ada rumor bahwa Persib hendak merekrut pelatih asal Korea Selatan, berkaca dari kesuksesan Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Profil Sabah FK, Klub Liga Azerbaijan yang Kabarnya Tertarik Datangkan Sandy Walsh

Lantas, siapa saja pelatih asal Korea Selatan yang bisa menggantikan posisi Luis Milla di Persib Bandung? Berikut daftarnya.

1. Park Hang-seo

Park Hang-seo merupakan pelatih asal Korea Selatan yang saat ini tengah menganggur usai memutuskan meninggalkan Timnas Vietnam.

Baca Juga:
Profil Seko Fofana, Kapten RC Lens yang Susul Cristiano Ronaldo Gabung Al Nassr

Karena tengah menganggur, namanya pun dikaitkan dengan Persib. Pasalnya, ia punya sepak terjang mumpuni di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Selain itu, Park Hang-seo punya CV mentereng yakni sebagai asisten pelatih Guus Hiddink kala menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2002.

2. Jeon Kyung-jun

Jeon Kyung-jun juga pelatih asal Korea Selatan yang tengah menganggur, usai dirinya terakhir kali menukangi tim K2 League, yakni Jeonnam Dragons.

Pelatih berusia 49 tahun ini bukan nama sembarangan di kancah kepelatihan, terutama berkat keberhasilannya bersama Jeonnam Dragons.

Bersama klub kasta kedua Korea Selatan itu, Jeon Kyung-jun berhasil membawa timnya menjuarai Piala FA Korea Selatan hingga menembus Liga Champions Asia pada 2021 lalu.

3. Kim Do-hoon

Kim Do-hoon juga bukanlah nama asing bagi Persib. Namanya sempat santer dikaitkan dengan Maung Bandung untuk menggantikan Robert Rene Alberts pada 2022 lalu.

Kini, Kim Do-hoon berkesempatan melatih Persib setelah dirinya menganggur pasca berpisah dengan klub Singapura, Lion City Sailors.

Kiprahnya sebagai pelatih tak bisa dipandang remeh. Mengingat ia pernah membawa Ulsan Hyundai juara Liga Champions Asia dan membawa Lion City Sailors ke babak 16 besar ajang tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More