Rauhanda Riyantama
Pemain baru Persis Solo, Moussa Sidibe. (Dok. Persis Solo)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain asal Afrika yang saat ini beredar di BRI Liga 1 2023/2024, di mana sebagian besar mampu meraih kesuksesan di Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika klub-klub Indonesia gemar mendatangkan pemain-pemain asing dari berbagai kawasan setiap menyambut musim baru.

Biasanya, para pemain yang didatangkan adalah para pemain yang berasal dari Amerika Selatan, terutama yang berasal dari Brasil.

Baca Juga:
Hijrah ke Liga China, Matheus Pato Resmi Tinggalkan Borneo FC

Tak hanya Brasil, para pemain dari Argentina juga sempat menjadi primadona klub-klub Indonesia, terutama sejak era Liga Indonesia atau Divisi Utama.

Tak cukup sampai di situ, klub-klub Indonesia juga kerap memboyong para pemain yang berasal dari kawasan atau benua Afrika.

Tak terhitung berapa banyak pemain asal benua hitam itu yang pernah merasakan merumput di kompetisi kasta teratas Tanah Air.

Baca Juga:
Profil Igor Arungbumi Sanders, Pemain Diaspora Berpaspor Indonesia yang Bisa Jadi Opsi di Piala Dunia U-17

Bahkan tren mengandalkan pemain asal Afrika masih berlanjut hingga kompetisi Indonesia kini bergulir dengan format Liga 1 di musim 2023/2024 ini.

Tercatat ada lima pemain top asal Afrika yang beredar di Liga 1 2023/2024. Siapa saja para pemain asal benua hitam itu? Berikut daftarnya.

1. Yuran Fernandes (PSM Makassar)

Baca Juga:
5 Pemain Muda yang Putuskan Hijrah ke Liga Arab Saudi, Salah Satunya Ruben Neves

Yuran Fernandes merupakan bek asal kawasa Afrika, tepatnya dari Tanjung Verde, yang kini tercatat sebagai penggawa PSM Makassar.

Ia datang ke Indonesia pada 2022 lalu dan berhasil membawa PSM meraih kesuksesan dengan menembus final Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara dan merengkuh gelar Liga 1 2022/2023.

2. Privat Mbarga (Bali United)

Baca Juga:
Profil Sabah FK, Klub Liga Azerbaijan yang Kabarnya Tertarik Datangkan Sandy Walsh

Bali United tak hanya kerap mendatangkan pemain asal Brasil, melainkan juga pemain asal Afrika. Salah satunya adalah Privat Mbarga asal Kamerun.

Ia datang pada Desember 2021 lalu dari klub Kamboja, Svay Rieng. Kedatangannya memberikan dampak penting pada keberhasilan Bali United meraih kesuksesan di Liga 1 2021/2022 dan membuatnya bertahan hingga saat ini.

3. Makan Konate (Barito Putera)

Makan Konate menjadi salah satu pemain Afrika yang paling lama berkarier di Indonesia. Bahkan ia bisa dikatakan sebagai pemain benua hitam tersukses di Indonesia.

Ia pernah membawa Persib Bandung menjuarai ISL dan Piala Presiden, dan berlanjut menjuarai Piala Presiden bersama Arema FC. Bahkan pemain asal Mali ini banyak membela klub-klub Indonesia.

4. Moussa Sidibe (Persis Solo)

Persis Solo membuat kejutan dengan menghadirkan pemain asal Afrika untuk Liga 1 2023/2024 ini pada diri Moussa Sidibe asal Mali.

Ia datang dari Johor Darul Ta’zim pada tahun 2023 ini. Kedatangannya pun saat itu dimaksudkan Persis Solo sebagai pengganti Ryo Matsumura.

5. Ichika Diarra (Arema FC)

Arema FC menjadi tim yang rutin mendatangkan pemain asal Afrika. Di Liga 1 2023/2024 ini, Singo Edan mendatangkan Ichika Diarra dari Mali.

Sebelum bergabung Arema FC, Ichika Diarra sempat berkarier di negara-negara Asia lainnya seperti di kawasan Timur Tengah.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More