Irwan Febri Rialdi
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, saat konferensi pers. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Luis Milla menjadi korban pertama dari kerasnya Liga 1 musim 2023/24. Pelatih asal Spanyol tersebut resmi berpisah dengan Persib Bandung.

Berpisahnya Luis Milla bersama Pangeran Biru terjadi setelah pekan ketiga Liga 1 musim ini berjalan. Tepatnya setelah Persib bermain imbang 2-2 dengan Dewa United pada Jumat (14/7).

Pengunduran diri Luis Milla dari jabatannya itu diumumkan melalui konferensi pers yang digelar di Graha Persib. Ia mengaku mundur karena alasan keluarga di Spanyol.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Menggila Lawan Tim Belanda, Cetak Dua Gol ke Gawang Mantan Klub Arjen Robben FC Groningen

Dengan baru berjalan tiga pekan musim ini, Luis Milla masuk ke dalam daftar pelatih tercepat yang didepak di era Liga 1. Lantas, siapa saja selain Luis Milla?

1. Pekan Pertama

Tuntutan besar setiap kontestan Liga 1 membuat pelatih kerap menjadi korban, bahkan sejarah mencatat ada pelatih yang mengalami pemecatan saat musim kompetisi berjalan baru satu pekan.

Baca Juga:
5 Rekrutan Termahal Arsenal, Terbaru Declan Rice Diboyong Rp 2 Triliun

Sosok pelatih yang pernah dipecat saat baru satu pekan kompetisi berjalan adalah pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera, pada Liga 1 2017.

Selain Alfredo Vera, Iwan Setiawan juga mengalami hal serupa di Liga 1 2018. Saat itu, Iwan dipecat sebagai pelatih Borneo FC setelah baru satu kali mendampingi anak asuhnya.

2. Pekan Kedua

Baca Juga:
Rogoh Rp 2,06 Triliun, Arsenal Sukses Boyong Declan Rice dari West Ham

Pelatih asal Argentina, Mario Gomez, memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Borneo FC jelang pekan ketiga Liga 1 2021.

Diketahui ketiganya mundur secara sepihak setelah kekalahan 0-1 dari Persik Kediri pada pekan kedua Liga 1, 10 September 2021.

3. Pekan Ketiga

Baca Juga:
Hasil Lengkap BRI Liga 1: Persik Kediri Hajar Arema FC, Bali United Petik Kemenangan Perdana

Luis Milla menambah daftar pelatih yang mengalami pemecatan di pekan ketiga era Liga 1. Sebelumnya, ada Robert Rene Alberts yang juga mengalami hal serupa.

Menariknya, saat itu Luis Milla yang menggantikan Rene Alberts usai Persib Bandung tampil buruk selama tiga pekan Liga 1 2022/23.

Sebelum Milla dan Albert, Ivan Kolev juga pernah mengalami pemecatan setelah tiga pekan memimpin pasukan. Saat di Liga 1 2019, Ivan Kolev mengundurkan diri dari kursi pelatih Macan Persija.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More