Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia (Instagram/rafaelstruick)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, dipastikan tanpa Titan Agung, Komang Teguh, dan Taufany Muslihuddin untuk Piala  AFF U-23 2023. Namun, juru taktik Korea Selatan ini sepertinya tak akan panik karena sudah memiliki nama pengganti.

Imbas keributan di final SEA Games 2023, AFC turun tangan untuk memberikan hukuman terhadap Indonesia dan Thailand.

Di kubu timnas Indonesia, ada tiga pemain yang mendapatkan hukuman larangan bermain enam pertandingan. Mereka adalah Titan Agung, Komang Tegus, serta Taufany Muslihuddin.

Baca Juga:
Tebar Ancaman, Eks Kiper Timnas Republik Ceko Optimis Bisa Perkuat Vietnam di Piala Asia 2023

Khusus Titan Agung dan Komang Teguh, mereka dinyatakan melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47 sehingga harus turut membayar denda sebesar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14,9 juta.

Meski begitu, Shin Tae-yong tidak akan ambil pusing. Sebab ada tiga pemain pengganti yang bisa dipanggil oleh pelatih berusia 53 tahun ini.

Mereka adalah pemain abroad milik timnas Indonesia, yakni Elkan Baggott, Ivar Jenner, serta Rafael Struick.

Baca Juga:
Pemain Bertahan Malaysia Dirumorkan ke Persija Jakarta, Bakal Duet dengan Bek Kesayangan Shin Tae-yong

Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick tampil pada laga FIFA Matchday kontra Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023) malam. [dok. PSSI]

Sebagaimana diketahui, Komang Teguh merupakan bek andalan di SEA Games 2023. Dengan larangan bermain, posisinya bisa digantikan oleh Elkan Baggott.

Sementara Taufany merupakan gelandang yang menjadi andalan Indra Sjafri. Shin Tae-yong pun bisa memasang Ivar Jenner sebagai pengganti.

Terakhir Titan Agung adalah pemain berposisi sebagai striker atau pemain depan. Rafael Struick tentu saja bisa mengisi kekosongan tersebut.

Baca Juga:
4 Pemain Senior yang Bisa Gabung ke Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, Elkan hingga Egy Maulana

Dengan tiga pemain abroad itu, Shin Tae-yong tidak akan pusing mencari pengganti bagi nama yang mendapatkan larangan bermain dari AFC di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Adapun timnas Indonesia U-23 sendiri akan bertindak sebagai tuan rumah di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda akan melawan Turkmenistan serta Chinese Taipei.

Baca Juga:
Dua Klub yang Belum Sanggup Raih Poin pada Dua Pekan Awal Liga 1 2023-2024

Load More